BIJAK ONLINE-Menjelang Hari Raya Idul Adha, UrbanQurban kembali menggalakkan
kampanyenya. Andreas Senjaya, Chief Technology Officer UrbanQurban,
menyampaikan beberapa inovasi pada web UrbanQurban.
Salah satu
fitur yang menarik bernama Sedekah Daging, fitur ini berupa crowdfunding
(pembiayaan bersama) untuk pembelian hewan ternak yang tidak terikat
pada momen Idul Adha.
Dalam fitur ini siapapun bisa mendaftar untuk ikut membayar hewan ternak yang ada untuk disalurkan ke masyarakat ekonomi lemah.
Di
sebuah laman khusus, foto hewan-hewan itu dipajang beserta jumlah dana
yang terkumpul. Mirip dengan yang biasa dilakukan oleh situs
crowdfunding seperti Kickstarter atau KitaBisa.
Sedangkan untuk yang terkait dengan Idul Adha, selain penjualan domba UrbanQurban juga menyediakan paket patungan sapi.
Hewan
ternak yang disembelih melalui UrbanQurban akan disalurkan ke berbagai
komunitas sosial. Pengguna internet pun bisa mendaftarkan komunitas
sosial mereka lewat situs itu.
UrbanQurban dimulai sejak Oktober
2012 lewat kolaborasi dua startup kreatif di Depok, Diyours HCD dan Badr
Interactive. Pada 2012 layanan itu menyalurkan 93 hewan qurban.
Jumlahnya meningkat menjadi 193 hewan pada 2013.
via tribun
via tribun