Musyawarah perencanaan membangun nagari

BIJAK ONLINE-Sebagai Walinagari Koto Laweh, Kecamatan Koto Besar, Kabupaten Dhamasraya, Habib Rahman Malin Pandito Alam punya kiat untuk mempercepat pembangunan di daerah pengabdiannya. Salah satu kiatnya tersebut dengan mendirikan Forum Sarjana Peduli Nagari dan Koperasi Sarjana Dhamasraya.

“Mendirikan Forum Sarjana Peduli Nagari, merupakan cara saya dalam memberdayakan pemikiran sarjana dalam mempercepat pembangunan di nagari,” kata Habib Rahman Malin Pandito Alam, ketika berbincang-bincang dengan Bara Online Media (BOM), Senin, 22 September 2014.

Menurut Habib Rahman, setiap rencana pembangunan di Nagari Koto Laweh selalu berdasarkan musyawarah dengan berbagai unsur masyarakat yang tergabung dalam Badan Musyawarah Nagari Koto Laweh, serta cendik pandai, ulama dan ninik mamak dari unsur adat dan budaya. “Setiap ada musywarah, saya pun selalu melibat para sarjana dengan berbagai displin ilmu yang ada di nagari,” kata alumni IAIN Imam Bonjol Padang ini.

Khusus Forum Sarjana Peduli Nagari telah beranggotakan sekitar 49 orang. “Adakalanya juga, pemikiran dari Forum Sarjana Nagari, yang saya bawa kedalam musyawarah dengan Badan Musyawarah Nagari Koto Laweh,” ujar Habib Rahman.

Kemudian, kata Habib Rahman, kini dirinnya sedang membuat rencana untuk mendirikan Balai Latihan Kerja (BLK). Tujuanpendirian BLK ini, untuk melahirkan tenaga kerja dari Nagari Koto Laweh, yang berkualitas dan siap bersaingan dilapangan kerja dimana saja. “Kami di Nagari Koto Laweh, ingin melahirkan anak nagari yang handal diberbagai kegiatan dunia usaha,” tambahnya lagi.(BOM)




google+

linkedin