BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)---Badan Kontak Majlis Ta'lim (BKMT) kota Payakumbuh menggelar silaturahmi rutin 2 kali dalam sebulan, Kecamatan Payakumbuh Utara, di Mushalla Nurul Yaqin Balai Betung kelurahan Ompang Tanah Sirah (OTS), Minggu (25/3).

Selain jemaah BKMT, silaturahmi ini dihadiri langsung Camat Payakumbuh Utara, Kepala KUA, Lurah OTS bersama tokoh masyarakat dan pengurus LPM serta anggota DPRD kota Payakumbuh Chandra Setipon.

Dalam pembukaan, Ketua BKMT H. Syahril, menyebutkan, BKMT melaksanakan silaturrahim 2 kali dalam sebulan secara bergiliran, BKMT hadir di mesjid atau mushalla yang telah dijadwalkan.

"Terima kasih kepada tuan rumah, yakni masyarakat OTS. Secara fisik, BKMT bersekretariat di Kabupaten Limapuluh Kota dengan kepengurusan yang berasal dari 2 daerah kakak beradik (Payakumbuh dan Kab.50 Kota), bersama pemerintah kita membangun umat dengan wadah pertemuan BKMT yang dirangkai dengan tausiyah agama. 

Kesempatan ini, BKMT hadir ditengah masyarakat OTS bersama ustadz H Ristawadi Dt. Marajo Nan Batungkek Ameh, yang kesehariannnya bertugas sebagai Personalia di PT. Semen Padang. Untuk tanggal 1 April 2018, kita dipercaya menjadi tuan rumah pertemuuan MTI tingkat Sumatera Barat.

“Kegiatan tersebut akan dipusatkan di kantor Bupati Limapuluh Kota, sedangkan pada tanggal 22 April 2018 kemaren, pengajian kita gelar di Mesjid Hidayah Payonibung Kelurahan Taratak Padang Kampuang," ungkap Syahril. 

Sementara Camat Payakumbuh Utara diwakili Sekcam Hafismal sampaikan selamat datang dan terima kasih kepada pengurus BKMT dan jemaah. Selamat datang di kelurahan OTS dan beginilah kondisi warga dan mushalla kami. Salam maaf dari Camat Payakumbuh Utara, karena pada hari yang sama menghadiri kegiatan lain, sehingga kami yang mewakili. 

“Kami sangat apresiasi dengan kegiatan BKMT yang selalu aktif dengan pengajian rutinnya, ini adalah bukti dukungan BKMT terhadap pemerintah dalam rangka membangun kekuatan umat. Kami berharap jemaah serius dalam mengikuti pengajian dari ustadz, sehingga ada bekas ilmu yang akan dibawa pulang untuk pedoman hidup," sebut Hafismal.

Sementara itu, Naipen Mardi yang mewakili pihak Kankemenag Kota Payakumbuh yang hadir bersama Penguluh Agama Islam Fungsional, menuturkan hal senada.

Kami sudah mendengar, Pengajian rutin yang dilaksankan BKMT sangat baik untuk meningkatkan persatuan, ukhuwah islamiah. Silaturahim sambil menggali ilmu, ini adalah hal sangat positif yang mesti terus dipupuk dan ditingkatkan. Kondisi kekinian yang memprihatinkan kita, salah satu bentengnya adalah silaturahim, sehingga kita saling mengingatkan, saling berbagi ilmu. 

Di Minangkabu, sudah menjadi hal yang biasa untuk bersilaturahim yakni di Surau, di Lapau dan di Dangau. Sekarang ini kita bersilaturahim di Surau dengan pentausiyah dari Padang. Kami harapkan kehadiran kita bersama disini akan berdampak dengan meningkatnya pengetahuan kita. Bagaimana orang tua akan mengajarkan anak sementara orangtua sendiri tidak tahu. 

“Untuk itu melalui pengajian BKMT, mari kita jadikan diri kita orang berilmu untuk menciptakan genertasi yang kuat," pesan Naipen Mardi. (ada)

google+

linkedin