BIJAK ONLINE (LIMAPULUH KOTA)---Taufik Hidayat, dilantik menjadi Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Limapuluh Kota. Selain Taufik, pada kesempatan yang sama juga dilantik Hendri Yoni, sebagai Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) serta tiga orang pejabat eselon IV di lingkup Disdukcapil.

Pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan itu berlangsung sebelum acara launching Nagari Mandiri Tahan dan Pangan (Mantap) di halaman kantor Wali Nagari Tanjuang Bungo, (26/3). 

Ikut hadir dalam acara itu Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota Syafaruddin Dt. Bandaro Rajo, SH, anggota DPRD Wendi Candra dan Ridhawati, serta sejumlah kepala OPD dan unsur Forkopimca Suliki dan ratusan masyarakat.

Sebelumnya, Taufik Hidayat menjabat sebagai pelaksana tugas (Plt) di job yang sama, sedangkan Hendri Yoni sebelumnya menjabat sebagai Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan (PK) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Untuk sementara, jabatan yang ditinggalkan Hendri Yoni masih kosong.

Bupati Lima Puluh Kota H. Irfendi Arbi mengatakan, Sekda merupakan tangan kanan bupati dan merupakan jabatan strategis, terutama untuk menggerakan mesin birokrasi dan menjalankan visi dan misi kepala daerah.

”Meski secara fungsional bertanggungjawab langsung kepada bupati, lanjut Irfendi , namun seorang Sekda  juga harus bisa membaca dinamika yang berkembang di tengah masyarakat, terutama dalam mempersiapkan dan mengintegrasikan segala potensi guna mendukung setiap kebijakan yang diberikan kepala daerah,” papar Bupati Irfendi.

Begitu juga terhadap para pejabat baru pada Disdukcapil, ditekankan untuk melaksanakan tuga dengan optimal terutama dalam hal pelayanan pubik. Pelayanan publik yang bersentuhan langsung dengan masyarakat seperti e-KTP, akta kelahiran dan lainnya, harus lebih mempermudah masyarakat.

“Begitu pula terhadap seluruh kepal OPD, saya minta bekerja dengan profesional sesuai aturan berlaku dan mengacu pada standar operasional prosedur. Intinya, pelayanan prima harus terus kita tingkatkan,” tegas Irfendi.

Dipenghujung sambutannya Irfendi juga menekankan, penjabat yang dilantik harus bisa melaksanakan amanah yang diberikan dengan sebaik-baiknya. Tak kalah pentingnya, harus berkomitmen memajukan daerah.

Sebelumnya Ketua DPRD Syafaruddin Dt. Bandaro Rajo dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada taufik Hidayat yang dilantik menjadi Penjabat Sekda. (ada)

google+

linkedin