BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)---Ketua Forikan Kota Payakumbuh Henny Riza Falepi bersama Magdalena Erwin Yunaz, menggelar rapat koordinasi (rakor) beserta pengurus Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) dalam menghadapi penilaian Lomba Gemar Makan Ikan dari provinsi Sumatera Barat, di Bakinco Resto and Swimmingpool, kemaren. 

Kota Payakumbuh berada pada posisi 6 besar tingkat provinsi lomba kinerja Forikan kelurahan diwakili kelurahan Tanjung Pauh Kecamatan Payakumbuh Barat dan Implementasi Gemarikan pada Kurikulum PAUD yang diwakili PAUD Ar Ruhamma' Kelurahan Sei Durian Kecamatan Latina. Sebanyak 45 orang pengurus Forikan kecamatan, perwakilan Kankemenag dan Camat beserta Lurah terkait hadir dalam kegiatan ini.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Pertanian diwakili Kabid Perikanan Betri Yetti, ada 2 kelurahan yang akan mewakili kota Payakumbuh pada Lomba Gemarikan untuk tingkat provinsi.

"Untuk menghadapi lomba tersebut, patutlah kiranya kita mengadakan persiapan dalam menyambut Ibu Gubernur selaku Ketua Forikan Provinsi Sumbar yang akan melakukan peninjauan lapangan pada tanggal 4 April 2018 mendatang, khususnya kelurahan Tanjung pauh dan Kelurahan Sei Durian, sebagai wakil Payakumbuh dalam lomba ini. Alhamdulillah, kedua lurah beserta camat hadir dalam rakor ini," ujar Betri.

Ditambahkan, secara berjenjang dari kelurahan kita telah mengadakan lomba gemarikan dan implementasi gemarikan pada kurikulum PAUD. Selain itu kita juga akan menggelar berbagai lomba masak serba ikan pada tanggal 11 April 2018, untuk tingkat kota akan diadakan pada tanggal 17 April 2018 dan dirangkai dengan lomba mewarnai ikan untuk siswa PAUD. 

”Untuk pematangan persiapan, kita berencana akan mendatangkan pelatih masak serba ikan dari Hotel Royal Denai, karena direncanakan lomba Gemarikan tingkat provinsi akan digelar awal Mei 2018. Saat ini kita sedang menunggu juknis lomba," pungkas Betri Yeti.

Sementara itu, Ketua Forikan kota Payakumbuh Henny Riza Falepi, menyebutkan, gemar makan ikan jangan hanya saat digelar lomba, tapi bagaimana gemar makan ikan ini menjadi tradisi kebutuhan dalam rumah tangga.

Setidaknya dalam rumah tangga sehat mesti mengkonsumsi setidaknya 2 ons ikan per kepala, itu kalau bisa dimaksimalkan. Untuk mewujudkan semua itu perlu adanya sosialisasi kepada warga, kapan perlu pihak kelurahan menyiapkan sampel. Sehingga kuantitas warga mengkonsumsi ikan semakin meningkat. 

“Karena ikan dimasak dalam bentuk apapun akan tetap lezat dan gurih, serta mudah didapat. Kita sangat apresiasi dengan telah terimplementasinya gemar makan ikan di PAUD apalagi sudah masuk dalam kurikulumnya, salah satunya adalah tema hewan terkait ikan," ulas Henny.

Menurutnya, untuk bahan motivasi, alangkah baiknya kita siapkan stiker dan ditempel pada rumah warga yang gemar makan ikan, kapan perlu kita siapkan penghargaan untuk warga tersebut. 

“Selain itu, kami juga imbau kepada pengurus forikan kota hingga kelurahan, sering-seringlah berkoordinasi dalam rangka sosialisasi sehingga program Gemarikan dapat berjalan optimal di Payakumbuh," papar Henny. (ada)

google+

linkedin