BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)---Sukses dalam beberapa kegiatan di tahun 2017, Dnas Pariwisata dan Pemuda Olahraga (Disparpora) kota Payakumbuh, kembali lakukan terobosan berupa pembekalan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK) dalam Pemilihan Duta Budaya Minang Kota Payakumbuh 2018, di aula Hotel Bundo Kanduang, baru-baru ini.

Kegiatan yang digelar selama dua hari itu diikuti sebanyak 30 peserta remaja di kenagarian se-kota Payakumbuh dan utusan dari seluruh SLTA se kota Payakumbuh.

Acara tersebut dibuka langsung Kadisparpora Efriza Zaharman, juga menghadirkan narasumber Henny Riza Falepi Ketua Dekranasda, Hj. Misnah Ketua Bundo Kanduang kota Payakumbuh, Maharnis Zul Tokoh Agama, serta Viveri Yudi dan Saparman dari Dinas Kebudayaan Sumbar.

Efriza Zaharman berharap agar duta-duta budaya yang ada di kota Payakumbuh ini lah nantinya yang memiliki peran penting dalam mengembangkan budaya minangkabau di Kota Payakumbuh.

"Sebagai pemuda kita harus Melek Budaya jangan hanya Melek Pariwisata, lewat duta budaya lah kita bisa mengembangkan budaya kita, serta mengimplementasikannya dalam kehidupan bermasyarakat," ujarnya.

Kadispaspora juga sebagai pemateri dalam acara ini mengatakan sebagai pemuda-pemudi minangkabau sangat perlu menanamkan budaya ABS-SBK dalam kehidupan sehari-hari karena itu adalah jati diri orang minangkabau sendiri.

"Kita orang minang ini, tahu dengan adat dan agama. Apalagi budaya kita sangat kental dan kuat ikatannya sama agama. Jadi sebagai orang muda kita pegang landasan falsafah Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah. Kalau tidak ya hilanglah adat dan agama serta budaya kita nantinya, karena itu jangan biarkan hilang,"ulas Efriza Zaharman.

Sementara salah seorang peserta dari SMA N 2 Payakumbuh Luluk Uswatun Hasanah mengatakan kepada media online pasbana.com, kegiatan ini sudah sangat dinantikannya sejak dulu.

"Saya sangat senang mengikuti acara ini, saya akan mengikutinya dengan serius, agar menjadi duta wisata, pemahaman tentang budaya minang menjadi bertambah juga," ulasnya. (ada)

google+

linkedin