Para mustahiq yang terdiri dari pelajar SD hingga SMA serta penerima zakat Komsumtif berupa masyarakat umum, saat menunggu pembagian zakar dari BAZDA bertempat di Aula Kantor Kecamatan Pantai Cermin, Selasa (25/8)


BIJAK ONLINE (SOLOK)-Sebanyak 390 orang mustahiq atau orang yang berhak menerima zakat di kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Solok, mendapat bantuan zakat dari Badan Amal Zakat Daerah (BAZDA) Kabupaten Solok. 

Tampak hadir pada penyerahan zakat tersebut, Ketua BAZDA Kabupaten Solok, Drs. H. Khairi Yusri, MM, Sekretaris BAZDA Kabupaten Solok, Drs.H.Rifa'i Mahyunar.M.Pd.I, Camat Pantai Cermin, Syaiful Anwar, Unsur Muspika Pantai Cermin lainnya dan para walinagari serta pengurus BAZDA Kabupaten Solok lainya.

Menurut Ketua BAZDA Kabupaten Solok, penyaluran zakat kepada kaum mustahiq di kecamatan Pantai Cermin, berasal dari zakat para PNS yang ada di Kabupaten Solok, gunanya untuk membantu pendidikan dan biaya lainnya kepada masyarakat yang berhak menerima. “Zakat yang kita bagikan bersal dari zakat para PNS dan sejak Januari hingga Agustus 2015 ini, sudah hampir Rp 3 Milyar zakat yang kita bagikan,” tutur Khairi Yusri, yang diamini Sekretaris BAZDA Kabupaten Solok, Drs.H.Rifa'i Mahyunar.M.Pd.I.

Setidaknya, sebanyak 390 orang mustahiq mendapat zakat dari BAZDA dengan total keseluruhan mencapai Rp142.800.000 juta. Adapun yang kategori yang menerima Zakat dari BAZDA adalah untuk bantuan biaya pendidikan SD 240 orang dengan nilai bantuan Rp 72.000.000. Untuk bantuan biaya pendidikan SLTP sebanyak 42 orang dengan total bantuan Rp 16.800.000, untuk SLTA sebanyak 24 orang dengan total bantuan Rp 12.000.000 serta bantuan untuk konsumtif  sebanyak 84 orang dengan total bantuan senilai Rp 42.000.000.

Sementara Pendistribusian zakat ini di fasilitasi camat, KUA Pantai Cermin, Kepala UPTD kecamatan Pantai Cermin. Rencananya Rabu tanggal 26 Agustus hari ini, BAZDA Kabupaten Solok akan menyalurkan bantuan di kecamatan Junjung Sirih dan Kamisnya di kecamatan Kubung.

Total penerima bantuan dari BAZDA sejak dari Januari hingga Agustus 2015 ini adalah sebanyak 3000 orang dengan nilai Rp 3 Milyar dari BAZDA Kabupaten Solok,” tutur Rifa’i  Mahyunar (wandy)

google+

linkedin