DHARMASRAYA—Diwarnai isak tangis. Begitu kondisi pelepasan sekitar 83 Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Dharmasraya  yang akan menunaikan ibadah ke Tanah Suci Mekkah, yang dilepas  Pejabat Bupati Dharmasraya, Drs  H Syafrizal Ucok MM,  di Masjid Agung Babussalam, Sabtu, 21 Agustus 2015.

Jelang berangkat, para JCH saling berangkulan dengan sanak famili yang disertai deraian air mata sebelum  menaiki bus yang akan membawa menuju Bandara Internasional Minangkabau, di Padang. 

Sementara Pejabat  Bupati Dharmasraya Drs  H  Syafrizal Ucok, MM menyerahan bendera merah putih kepada Ketua Rombongan Aprizal, Jhon Nedi Zakaria Latif dan Syamsurijal. 
“Bapak-bapak  dan ibuk-ibuk merupakan orang pilihan, yang diperkenankan Alllah untuk melaksanakanibadah haji tahun ini. Atas nama Pemkab Dharmasraya dan segenap masyarakat, kami mengucapkan selamat jalan kepada JCH dan semoga selamat sampai di tujuan dan kembali lagi ke Dharmasraya dengan selamat, serta menjadi haji yang mabrur,” kata  Pj. Bupati, Drs. H. Syafrizal Ucok, MM.

Kemudian, PJ Bupati Drs. H. Syafrizal Ucok, MM berpesan agar para JCH fokus dalam menjalankan ibadah, sehingga hakikat yang ingin dicapai dapat terwujud. “Selama menjalankan ibadah haji, agar jemaah fokus dan menjaga kesehatan, karena di sana dituntut kesehatan yang prima, serta banyaknya godaan yang mengganggu konsentrasi dalam beribadah,” tutur mantan Kepala Biro Pemeintahan Kantor Gubernur Sumbar ini.

Selanjutnya Syafrizal Ucok menyarankan Jemaah Calon Haji  agar memperbanyak sifat ikhlas dan menjaga kekompakan, serta tidak mudah panik jika mengalami sesuatu, dengan melapor kepada petugas atau polisi serta hati-hati terhadap barang bawaan, dokumen dan uang. "Kepada jemaah yang muda agar membantu jemaah yang sudah tua, selama menjalankan rukun Islam yang kelima," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dharmasraya, Drs. Ruhil Kudus menuturkan bahwa sedianya JCH Dharmasraya berjumlah 85 orang, namun dua orang batal berangkat karena meninggal dunia. “JCH kita ini akan diberangkatkan pada kloter dua gelombang pertama yang nantinya akan bergabung dengan jemaah yang berasal dari Tanah datar, Sijunjung, dan kota Padang,” terang Ruhil Kudus.
Menurut Ruhiol Kudus, JCH termuda adalah Yanti Nora (31) dari Kecamatan Sungai rumbai, dan tertua yakni Warsono Sukirman (83) dari Kecamatan Koto Baru. Selain Bupati, pelepasan haji itu turut dihadiri Forkopimda Dharmasraya, para kepala SKPD, mantan Bupati Dharmasraya, H. Adi Gunawan, dan tokoh masyarakat lainnya. (Rif/Humas)

google+

linkedin