BIJAK ONLINE (SOLOK)-Pembangunan yang optimal dapat terlaksana bila adanya peran dari lembaga adat atau niniak mamak pada suatu nagari. Oleh sebab itu Pemko Solok selalu memperkuat lembaga adat yang ada, agar terus dapat berperan dalam pembangunan, kata Wakil Walikota Solok, Zul Elfian.

“Agar pembagngunan bisa bersinergis di kota Solok, maka masyarakat dan pemerintahan tentuharus bersinergis pula. Kalau tidak, tentu hal ini tidak akan bisa kita capai,” terang Zul Elfian, Selasa (11/8). 

Pembangunan dan pelaksanaan program yang telah dicanangkan di Kota Solok selama ini, memang sangat memerlukan peran serta dari pada ninik mamak dan lembaga sosial yang lain. Kedepanya, sinergi pembangunan antar pengurus, bundo kanduang, masyarakat, dan pemko Solok terus ditingkatkan. 

Hal yang sama juga disampaikan Walikota Solok, Irzal Ilyas, dimana untuk membangun sebuah kota yang kokoh, peran masyarakat berupa niniek mamak dan bundo kanduang, sangat diperlukan. “Bahu membahunya antara Pemko dengan lembaga adat harus terus terjaga. Kalau tidak, tentu pembangunan bisa timpang,” tutur Irzal Ilyas. Ditambahkan walikota, bahwa masyarakat harus tetap menjunjung nilai luhur sebagai masayarakat Minang kabau yakni Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah.
            Irzal Ilyas juga mengajak para ninik mamak dan bundo kandung untuk dapat bersama membangun Kota Solok menjadi lebih baik lagi kedepanya (wan/van)

google+

linkedin