BIJAK ONLINE (Dharmasraya)-Edi Yarman kelahiran 1 Januari 1974, di Taratak Tampati Kecamatan Batang Kapeh Kabupaten Pesisir Selatan merupakan satu-satunya tukang rabab yang memadukan dakwah dengan kesenian tradisional.  

"Berdakwah sudah merupakan kewajiban sebagai seorang muslim dan jadi tukang rabab juga merupakan tanggungjawab moral melestarikan kesenian tradisonal Pesisir Selatan dan Minangkabau," kata Edi Yarman ketika berbincang-bincang dengan Tabloid Bijak, di Kediaman Rumah Dinas  Bupati Dharmasraya, Kamis, 27 Agustus 3015.

Menurut Edi Yarman, dirinya telah mendalami ilmu rabab sejak sekolah dasar dan belajar langsung dengan Pirin Asmara. "Waktu SD saya tinggal sama orangtua di Sungai Langsek Kabupaten Sijunjung dan sering pulang kampung untuk belajar main rabab dengan almarhum Pirin Asmara," kata  pengagum Idris Sadri pemain biola top indonesia.

Kemudian, kata Edi Yarman, dirinya pernah memainkan rabab dengan membuat biola dari bambu dengan dua tali. Kemudian  setelah mendapat ilmu dari Pirin Asmara baru jadi tukang rabab dengan biola yang terbuat dari kayu. "Dulu makanya saya main biola dengan bambu, karena tak mampu membeli biola dari kayu," katanya.

Sebagai tukang rabab, kata  Edi Yarman, baru diundang  barabab pasisia disaat ada pesta perkawinan, sunat rasul dan acara organisasi IKPS. "Khusus di acara IKPS semua tukang rabab hadir dan kami secara berganti-gantian main rabab," ujar pengagum Bung Karno dan Bung Hatta ini.

Sedangkan memadukan rabab dengan dakwah, kata Edi lagi, setelah saya mendapat masukan dari Yal Aziz salah seorang wartawan senior. "Sejak itu, kalau biasanya cerita dalam rabab lebih kepada sebuah cerita Sutan Palembang, kini cerita tentang kekejaman Firaun sebagai seorang pemimpin yang zhalim," katanya.

Selain cerita Firaun, lanjut Edi Yarman, juga ada cerita tentang kepemimpinan Nabi Muhammad dan Khlaifah Umar Bin Khatab. "Pokoknya setiap saya berbab, selalu membawa pesan moral bak umpama mubaliq atau penceramah agama di masjid-masjid," tambahnya. 

Kini, jika ada masyarakat yang ingin berabab pasisia yang dipadukan dengan syiar Islam berupa dakwah, bisa menghubung Edi Yarman melalui nomor handphone 081267010254, Alamat rumah Jorong Talang Sungai Langsek tak berapa jauh dai gardu PLN. (Ndu) 

google+

linkedin