Tampak Amanda Khairunissa Yunus, pelajar kelas 9 SMP 3 Negeri Gunung Talang, ketika menghadap Plt Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Solok, Zulfadli dan didampingi Ketua Alumni SMP Negeri 3 Gunung Talang, Sofriwandy NR, Rabu (19/8)


BIJAK ONLINE (SOLOK)-Amanda Khairunissa Yunus, pelajar kelas 9 Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Gunung Talang Kabupaten Solok, berhasil mengharumkan nama sekolah untuk yang kesekian kalinya. 

Amanda Khairunissa, yang berhasil tampil sebagai juara pertama untuk story Telling (lomba bercerita dongeng dalam bahasa Inggris) tingkat SMP se Sumatera Barat yang digelar di kota Padang beberapa waktu lalu, dipercaya untuk yang kedua kali mewakili Sumbar pada Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) dibidang Story Telling, yang akan digelar di kota Mpek-Mpek Palembang tanggal 23 Agustus 2015 mendatang. 

Sebelumnya, pada tahun 2014 lalu, Amanda juga mewakil Provinsi Sumbar pada FLS2N, bidang lomba membuat Foster, di kota Semarang, Jawa Tengah. Amanda terpilih mewakili Sumatera Barat, setelah sukses meraih juara pertama dibidang Story Telling tingkat Provinsi Sumbar akhir Juli 2015 ini. Sayangnya sukses Amanda belum diikuti oleh rekannya Sheren Mustia dan Hafizhatul, yang hanya juara harapan 1 lomba Foster tingkat Sumbar. 

Untuk tingkat Kabupaten Solok, tiga orang siswi SMP 3 Gunung Talang, sukses mengharumkan nama sekolah karena menjadi juara pertama di bidangnya, yakni Amanda bidang Story Telling, Sheren pada bidang Foster dan Hafizhatul pada bidang lomba membuat Cerpen pada Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), yang digelar belum lama ini. Amanda selain cantik, juga menjabat sebagai Ketua OSIS di SMP Negeri 3 Gunung Talang.

Amanda Khairunnisa, mengaku bangga mewakili Kabupaten Solok dan Sumbar  pada lomba FLS2N SMP tingkat nasional. “Saya tidak menyangka akan keluar sebagai juara, sebab saingan berat-berat. Alhamdulillah saya bangga mewakili sekolah saya dan Kabupaten Solok dan Sumbar,” tutur Amanda Khairunissa, yang diamini sahabatnya Hafizhatul dan Sheren, Senin (3/8) di SMP 3 Gunung Talang. 

Sementara Kepsek SMP Negeri 3 Gunung Talang, Suardi, SPd, mengaku bangga mempunyai siswi berprestasi. “Mudah-mudahan anak-anak kita ini bisa juara di tingkat nasional dan ini berkat do’a dari kita semua, termasuk dorongan dari para alumni” tutur Suardi. 

Dijelaskan Suardi yang juga Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kabupaten Solok itu, pada lomba FLS2N SMP tingkat Sumbar, jenis lomba yang dipertandingkan sebanyak 12 cabang, seperti lomba Vokal Group, Musik Tradisionil, Tari Kreasi, Desain Batik, Melukis, Membuat poster, nyanyi, Cipta Puisi, Cipta Cerpen, Story Telling dan MTQ. SMP N 3 Gunung Talang dengan Visi Terdidik, Beritika, Berbudaya, Ramah Lingkungan Menuju Prestasi yang Beriman Taqwa dengan Motto Prestasiku olehku dan akan ada terus. 

Selama mengikuti lomba, Amanda selalu mendapat bimbingan dari gurunya Nuryayani, SPd dan pelatih desain poster, Mutia Eva, SPd serta suport dari para alumni.

Sayangnya, untuk menuju kota Palembang, Amanda sedikit mengalami kesulitan biaya, karena sekolah tidak punya dana yang cukup. Sementara Plt Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Solok, Zulfadli, ketika ditemui  bersama Amanda, Rabu (19/8) mengaku bahwa Dinas Pendidikan juga tidak biaya untuk membantu amnda dan terpaksa pihaknya harus berkoordinasi dengan pihak Kesra dan Sekolah untuk membantu Amanda. 

Sayangnya, hingga Rabu sore, Amanda mengaku belum mempunyai uang untuk biaya keberangkatan ke Palembang, sementara waktu lomba tinggal 3 hari lagi. Untuk membantu uang saku dan lain sebagainya, Amanda dibantu oleh Ketua Alumni SMP Negeri 3 Gunung Talang, Sofriwandy NR mencari dana dengan berjalan ke kantor-kantor SKPD dan ke gedung dewan. Sementara dari Dinas juga kan berusaha mencari solusinya untuk membantu Amanda (wandy)

google+

linkedin