BIJAK ONLINE (SOLOK)-Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Solok, Ir. Iryani, MM, menyebutkan bahwa Pemerintah Kabupaten Solok melalui Dinas Pertanian, terus berupaya meningkatkan hasil produksi petani kentang di  Kecamatan Lembah Gumanti, Danau Kembar, Air Batumbuk, Bukit Sileh

“Daerah Alahan Panjang dan sekitarnya merupakan daerah andalan di Kabupaten Solok untuk membudidayakan kentang. Dan tanaman holtikultura lainnya, sehingga bisa memenuhi Kabutuhan akan kentang di Sumbar dan Provinsi Riau,” tutur Iryani, Selasa, 11 Agustus 2015.

Saat ini, di Kabupaten Solok setidaknya ada lima jenis kentang yang cocok di kembangkan terus di Alahan Panjang seperti varietas kentang itu adalah Granola Kembang, Blis, Medians, Maglia dan Segunung. Total produksi kentang pada tahun 2013 dari Kabupaten Solok adalah sebanyak 29.694,2 ton atau sebesar 72,5 % dari produksi kentang di Kabupaten Solok.

Hal ini merupakan peningkatan besar dari tahun-tahun sebelumnya, yaitu 60%. “Alahan Panjang perlu diberi perhatian khusus dalam pengembangan dan peningkatan kualitas serta kuantitas produksi kentang dan tanaman sayuran lainnya, karena tanaman kentang sangat cocok di daearah tersebut,” tambah Iryani.

Kasmudi Z, SH, Anggota DPRD Kabupaten Solok, juga berharap agar Pemkab Solok terus membina dan mengembangkan para petani kentang di daearah kecamatan Lembah Gumanti, sehingga setiap tahun kehidupan ekonomi masyarakat bisa terus membaik, khususnya para petani kentang  (wandy)

google+

linkedin