BIJAK ONLINE-Pelayanan mustahik dan muzaki di kantor Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Padang bakal semakin prima. Semua program di lembaga ini diyakini akan menunjukkan realisasi yang signifikan. Begitu juga dengan kinerja seluruh pengurus dipastikan lebih baik, menyusul diresmikannya gedung kantor yang baru di kawasan Jalan By Pass Gunung Sariak, Kuranji, Rabu (19/8).

Peresmian Kantor Baznas Kota Padang ditandai dengan pengguntingan pita oleh Walikota Padang H. Mahyeldi Dt. Marajo disaksikan para tamu undangan. Hadir dalam kesempatan ini, Ketua Baznas Sumatera Barat, Kepala Kantor Kemenag Kota Padang, para camat dan lurah serta para mitra dan sejumlah masyarakat binaan Baznas.

Walikota Mahyeldi mengatakan, kehadiran Kantor Baznas yang representatif diharapkan menjadi pendorong peningkatan kinerja pengurusnya. Sekaligus membantu memecahkan permasalahan dalam masyarakat.

Adapun, gedung yang pembangunannya telah dimulai sejak periode kepengurusan sebelumnya ini, bagian aulanya bisa juga digunakan oleh kecamatan dan SKPD unuk tempat rapat dan sebagainya.

Pada kesempatan ini Wako juga mengapresiasi langkah yang dilakukan Ketua Baznas Padang Epi Santoso yang hati - hati dalam mengelola dana umat. Itu terlihat dari terobosan yang dilakukan. Baznas menjalin kemitraan sebanyak-banyaknya dengan perbankan syariah, instansi swasta dan pemerintah. Kemudian saling bersinergi dan berkolaborasi melaksanakan kegiatan sosial maupun seremonial.

"Dalam pengelolaan zakat, kita tidak saja terikat hukum negara, tapi juga syariah," sebut Wako.

Ke depan Wako mengharapkan Baznas akan lebih banyak mengumpulkan, mengelola dan menyalurkan zakat dari para muzaki di luar PNS. Karena potensi zakat di Kota Padang masih cukup besar.

Sementara itu, Epi Santoso mengatakan, selain memiliki gedung baru yang representatif , Baznas Kota Padang juga sudah mendapatkan ambulans dan kendaraan pelayanan kesehatan dari Bank CIMB Syariah dan Bank Muamalat. Serta satu ambulans pinjam pakai dari PSP.

"Dengan fasilitas yang ada ini, kami yakin akan lebih optimal dalam memberikan pelayanan. Dan kami berkomitmen melakukan proses cepat terhadap surat pengajuan yang masuk. Dalam waktu 20 hari sudah selesai,"tegasnya.

Pada momen launching kantor yang baru, Baznas Kota Padang mengadakan bakti sosial, yaitu operasi bibir sumbing, donor darah, serta penyerahan bantuan bea siswa. (DU)

google+

linkedin