BIJAK ONLINE (Jakarta)- Halal Bi Halal dan sekaligus  Pengukuhan Komunitas Masyarakat Pakandangan (Kompak)  se Jabodetabek,  dan sekitarnya yang dilaksanakan di Taman Mini Indonesia Indah, Sabtu,  8 Agustus 2015  lalu  berjalan sukses dan lancar. 

"Alhamdulillah acara yang kita angkat ini dapat respon yang hangat dari masyarakat Nagari Pakandangan  yang ada di rantau maupun di kampung halaman, semua tokoh-tokoh urang awak yang ada di rantau ini diundang termasuk juga Walinagari Pakandangan turut serta hadir," ucap Ketua Pelaksana Halal Bi Halal dan Pengukuhan Komunitas Masyarakat Pakandangan (Kompak) se Jabodetabek Ilallahdi  kepada media ini, kemarin yang didampingi Sekretaris dan Bendahara  Anas koto dan May Hakikat.

Menurut Ilalahdi, warga Nagari  Pakandangan yang ada di rantau ini  ada sekitaran  300-400 Kepala Keluarga (KK), masing-masing mereka ini bermacam-macam profesi, ada yang  membuka rumah makan, restoran, berdagang, dosen, guru, menjahit  dan masih banyak usaha lain yang mereka geluti. Komunitas Kompak  ini terdiri dari 5 Korong  yang ada di Nagari Pakandangan, yakni  Korong Pasa Pakandangan, Korong Kampuang Paneh, Korong Ringan-Ringan, Korong Sarang Gaga, Korong Tanjung Aur.

"Pengukuhan pengurus Kompak periode  yang baru ini  dilantik oleh Walinagari Pakandangan yang juga selaku pembina Kompak. Untuk Dewan Pembina diketuai oleh Hj  Alida Kuris dan H. Marnis Abdullah Dt.Kebesaran, sementara untuk Dewan Penasehat adalah  H.Andri Ibrahim  dan H.Iqbal Alan Abdullah," sebutnya.

Sedangkan Ketua umum Kompak H.Supriadi, Ketua Pelaksana Harian Ilallahdi, Wakil Ketua Alfian Sutan (Sarang Gagak), M.Aziz (Ringan-ringan), Sukarman (Kp.Panas), Nasrul Koto ( Tanjung Aur), Anas Koto (Pasa Pakandangan), Sekretaris adalah Yulnir Taher dan Delfian, untuk  Bendahara Djunaidi  dan Hj. Yulis Murni  untuk Humas Kompak  H Syahrial  Siri.

Sementara  itu Walinagari Pakandangan Kecamatan Enam Lingkung Kabupaten  Padang Pariaman Drs Nasyaruddin    dalam kata sambutanya  memberikan apresiasi yang besar atas acara yang dilaksanakan ini. Katnya,  kekompakan dan persatuan urang awak di rantau maupun di kampung halaman sangat diharapkan sekali selalu hidup dan berterusan.

"Harus ada sinergitas antara urang rantau dan urang di kampung halaman, sebab tanpa adanya sinergitas keduanya maka susah daerah kita akan maju dan berkembang. Harapan saua semoga acara-acara seperti ini tetap terus dilestarikan, kita di kampung selalu menyokong penuh apapun kegiatan yang dilaksanakan urang rantau, begitu juga kita berharap sokongan urang rantau terhadap kampung halaman untuk kemajuan daerah Pakandangan," tutur Drs Nasyaruddin. (Azis) 

google+

linkedin