BIJAK ONLINE (Kt. Pariaman)--Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kediri melakukan kunjungan kerja ke Kota Pariaman, kedatangan mereka disambut Wakil Walikota Pariaman, Dr. Genius Umar, di Ruang Rapat Wali Kota, Rabu (12/8/2015).

Rombongan yang terdiri atas 9 Anggota Dewan dan 3 Staf Sekretariat DPRD Kediri tersebut diketuai oleh M. Afandi pada kesempatan itu mengatakan tujuan mereka datang ke Kota Pariaman guna mempelajari dan menggali peraturan daerah terhadap pelestarian kebudayaan daerah. Genius Umar, dalam eksposenya mengatakan, Kota Pariaman, punya potensi laut yang belum maksimal pengolahan terhadap isinya, baik bidang pariwasata laut atau pun dalam penangkapan ikannya.

Dikatakan, Kota Pariaman mempunyai visi mewujudkan sebagai kota tujuan wisata dan industri kreatif berbasis lingkungan, adat dan agama. Kota Pariaman mempunyai 4 kecamatan dengan luas wilayah 151.22 km2, dengan daratan 79,22 km2, lautan 282,69km2 dan panjang garis pantai 12,7km. "Kota Pariaman memiliki wisata pantai, wisata pulau, wisata religi, konservasi penyu, dan wisata bawah laut.

Untuk wisata pantai kita mempunyai Pantai Gandoriah, Pantai Cermin, Pantai Kata, dan untuk wisata pulaukita mempunyai Pulau Angso Duo, Pulau Kasiak”, ujar Genius. Sedangkan sektor kerajianan, Kota Pariaman mempunyai produk-produk UMKM seperti rajutan, sulaman benang emas dan perak, tas dan sendal, anyaman lidi, hias furniture batang kelapa, souvernir dan aksesoris, bordiran mukena, taplak meja, serta sulaman pajangan dinding.

Pada kesempatan itu Genius, juga menambahkan, Kota Pariaman mempuanyai kalender even seperti festival pesisir, Pesta Pantai Pariaman, Fasion Week dan Pariaman Expo, Tour de Singkarak, Pesta Hoyak Tabuik, Voly Pantai, Triathlon. "Semua kalender even yang ada di Kota Pariaman selalu dipadati wisatawan dalam daerah sampai wisatawan luar negri,” ujarnya. “Disamping itu Pemko Pariaman selalu memberikan pembinaan terhadap kelompok seni budaya pada sekolah, sanggar, atau kelompok seni pemuda kreatif,” jelasnya.(amir)

google+

linkedin