BIJAK ONLINE (Padang)-Mantan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Barat,  Ir. Basril Basyar, MM putera Lubuk Kilangan, sudah dipergunjingkan  bakal maju sebagai salah seorang kandidat bakal calon Walikota Padang. 

"Saya nilai BB, (Basril Basar, red) layak dan pantas menjadi calon Walikota Padang," kata Syahdanur wartawan senior yang berdomisili di Kota Jakarta, ketika dihubungi memalui selulernya, Jumat, 27 Januari 2017.

Kalau di dunia waratwan, kata Syahdanur, Basril Basyar pernah menjadi ketua PWI Sumbar dua perioded dari tahun 2007 hingga 2011 dan 2011 sampai 2017 dan baru saja serah terima terima dengan Heranof. "Selain wartawan BB juga seorang dosen di Universitas Andalas Padang," kata putera Pesisir Selatan ini.

Pertimbangan lainnya, Basril Basyar anak Nagari Lubuk Kilangan dan sudah itu mantan anggota komisaris PT Semen Padang. "Didunia olahraga BB juga Ketua Harian PBSI Sumatera Barat," tambahnya.

Kemudian,  Basril Basyar meraih gelar Magister Manajemen (MM) dari Universitas Andalas (Unand) Padang, pada tahun 2001. "Sejak tahun 1987, BB telah memulai karier sebagai pengajar dengan menjadi Dosen di Fakultas Peternakan Unand dan cukup populer dikalangan mahasiswa," ujarnya.

Kelebihan Basril Basyar yang  lain, kata Syahdanur, cukup dekat dengan tokoh politik se-Sumatera Barat dan dengan tokoh masyarakat dari Pesisir Selatan. "Sebagai wartawan, saya tentu ingin wartawan pula yang menjadi walikota. Kalau dulu pak Zuiyen Rais mantan ketua PWi Sumbar jadi walikota, kalau bisa hendaknya BB juga jadi walikota," paparnya.

Jika peluang jadi walikota agak tipis, lanjut Syahdanur, bisa saja Basril Basyar menjadi wakil walikota. "Tapi berpasangan dengan pak Mahyeldi walikota yang sekarang," tambahnya, sembari mengharapkan dukungan kalangan wartawan, teruma anggota PWi Sumbar. (PRB)

google+

linkedin