BIJAK ONLINE (Pekanbaru)-Pemerintah Provinsi Riau, akhirnya menetapkan status siaga darurat Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlhutla) selama 96 hari kedepan.Pada tanggal 24 Januari 2017 diadakan Rapat di Kantor Pemda Prov Riau.

Kepala Stasiun BMKG Riau menyampaikan kondisi cuaca dan iklim di Riau 2017, sebagai langkah antisipasi bahwa bulan Februari Riau masuk musim kemarau terutama diwilayah Riau bagian Tengah hingga Barat. Daerah yang menjadi perhatian agak kering adalah wilayah pesisir seperti Rohil, Dumai, Bengkalis, Siak bagian pesisir, Meranti, Pelalawan bagian pesisir.

Dengan kondisi seperti tersebut perlu waspada mengingat pola angin bertiup dari Timur Laut ke arah Barat - Barat Daya, sehingga bila banyak titik hotspot diwlayah Pesisir Utara dan Timur maka asap akan sampai ke Pekanbaru sampai Sumatera Barat.

Dua Kabupaten/Kota di Riau yaitu Kabupaten Rohul dan Dumai sudah menetapkan Status siaga Darurat untuk antisipasi penecegahan kebakaran hutan dan lahan di Riau 2017. (Sumbar BMKG Padang Pariaman)

google+

linkedin