BIJAK ONLINE (SOLOK)-Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Solok, Drs Alfajri, MM menegskan, pelaksanaan even tahunan berupa Sport Tourism tahunan Tour de Singkarak ( TdS) ke-7, akan digelar kembali tanggal 3 hingga 11 Oktober 2015 mendatang.

“TdS tetap akan dilaksanakan seperti tahun sebelumnya. Hanya saja, tahun ini agak diundur menjadi bulan Oktober,” tutur Alfajri kepada para wartawan di ruang kerjanya, Kamis, 6 AGustus 2015.

Menurut Alfajri,  TdS telah berperan besar dalam mempercepat recovery ekonomi pasca gempa Sumbar, bahkan telah meningkatkan ekonomi masyarakat dengan perbaikan infrastruktur dan meningkatnya kunjungan wisatawan, baik dari domestik maupun mancanegara.

 Perhelatan TdS kali ini, disesuaikan dengan jadwal resmi Union Cycliste Internationale (UCI) Road Calendar 2015, maka kegiatan TdS kali ni diselenggarakan pada tangga 3-11 Oktober 2015. 
TdS telah masuk dalam kalender dan sejajar dengan rangkaian lomba sepeda tingkat dunia lainnya. Sementara untuk star atau pembukaan TdS, akan dilaksanakan di Painan menuju Padang Pariaman, yakni tanggal 3 Oktober 2015. 

Sementara Kabupaten Soloki sendiri, akan dapat Finish di pada Stage 2 yakni di Dermaga Singkarak dan akan star dari Pariaman tanggal 4 Oktober 2015. “Selain itu, Kabupaten Solok juga akan dilintasi pembalap TdS Stage 4 yang star dari Solok Selatan menuju kota Sawahlunto pada tanggal 6 Oktober 2015,” tutur Alfajri.

TdS kali ini akan menempuh jarak sekitar 1.300 Kilometer dengan melalui 9 etape dan akan melewati 18 Kota dan Kabupaten, bahkan Kabupaten Mentawai juga ikut andil dalam kegiatan ini walaupun tidak menjadi bagian dari etape lomba. Sehingga tahun ini lengkap ada 19 Kota dan Kabupaten se-Sumatera Barat. Sebanyak 20 tim dari continental team, National tim dan tim tuan rumah akan berpartisipasi dalam kegiatan ini. Tim dari Eropa akan bertambah, seperti tim Perancis dan Itali. Sementara jumlah  hadiah tahun ini naik menjadi Rp 1,4 Rupiah (wandy)

google+

linkedin