BIJAK ONLINE (SOLOK)-Terletak dijalur lintas sumatra, Kota Solok disebut-sebut memiliki keuntungan berkembang sebagai kota perdagangan dan jasa. Bahkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Kota Solok Tahun 2005 – 2025, Kota Solok akan berkembang sebagai kawasan sentra perdagangan dan jasa Sumatera bagian tengah.

Salah satu langkah Pemerintahan Kota (Pemko) Solok untuk mewujudkan arah perkembangannya adalah, Wali Kota Solok Irzal Ilyas, diperlukan upaya pengembangan lapangan usaha yang ada, seperti lapangan usaha industri masyarakat.  Namun sejauh ini laju pertumbuhanya masih relatif rendah dibandingkan dengan lapangan usaha lainya. 

Dengan pengembangan lapangan usaha industri ini tidak hanya mampu mendukung Kota Solok sebagai kota perdagangan dan jasa, tetapi juga akan dapat menciptakan lapangan kerja yang muaranya akan meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Sebagai kawasan perdagangan, Kota Solok memiliki potensi besar bagi masyarakatnya untuk mengembangkan berbagai industri rumah tangga maupun jenis usaha masyarakat lainnya. Seperti halnya pengembangan industri minyak serai wangi yang tengah dikembangkan oleh sebagian kelompok tani yang ada di Kota Solok.

Berkaitan dengan potensi tersebut, Irzal Ilyas mengatakan, Pemko Solok berharap adanya perhatian dari pemerintahan pusat terutama melalui kementrian perindustrian untuk mengimplementasikannya melalui bantuan bimbingan teknis dan peningkatan kompetensi sumber daya manusia pelaku IKM. 

Tentu pada komoditas minyak atsiri yang merupakan hasil penyulingan serai wangi melalui pelaksanaan pelatihan GMP Minyak Atsiri. Karena potensi tersebut sangat menjanjikan, industri yang dikembangkan oleh kelompok tani di Kota Solok ini diyakini akan membuka peluang bisnis maupun lapangan kerja bagi masyarakatnya. 

“Harapan kami, kelompok tani nilam sari sebagai kelompok yang menerima bantuan ini tidak menyiayiakan bantuan ini dan dapat mengoptimalkan penggunaan peralatan penyulingan yang telah diberikan. Sehingga industri penyulingan minyak atsiri ini dapat lebih berkembang di kota solok dan berujung pada meningkatnya perekonomian masyarakat.” tutur Irzal Ilyas.

Sebagai kota yang tumbuh sebagai kawasan perdagangan dan jasa, persiapan bagi masyarakat sebagai pelaku ekonomi perlu dilakukan. Jangan sampai perkembangan Kota Solok menjadi kota perdagangan dan jasa hanya menjadikan masyarakatnya sebagai penonton saja.

Untuk itu berbagai langkah perlu menjadi perhatian Pemko Solok terutama bagi para calon Walikota Solok kedepan  (wan/van)

google+

linkedin