BIJAK ONLINE (Padang Pariaman)--Wakil Bupati Padang Pariaman, Drs. H. Damsuar, MM, Dt. Bandaro Putiah, terlihat punya jiwa besar. Buktinya, walau pun tidak bisa ikut bertarung dalam Pilkada serentak 2015, untuk mendapatkan kursi BA 1 F Padang Pariaman, tapi masih mampu berdiri dengan tegar di belakang Bupati Ali Mukhni, pada acara penyerahan Piagam kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berpretasi di lingkungan Pemkab Padang Pariaman, Selasa (4/8/2015), lalu.

Damsuar, terihat masih senyum seperti hari-hari biasa dan tidak  tergambar diwajahnya, rasa tidak puas dan kecewa. Walau pun pendukungnya, banyak yang merasa kecewa dan tidak puas, atas tidak berhasilnya Damsuar, mendapatkan tiket untuk naik kapal Pilkada 2015 tersebut.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Idarussalam, membuat terobosan  bersama jajaran dan segera berbenah untuk mempermudah urusan terhadap ASN tanpa memungut biaya.

Terobosan yang dilakukan BKD tersebut, menindaklanjuti arahan Bupati Padangpariaman Ali Mukhni untuk melakukan inovasi dalam peningkatan pelayanan adminstrasi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). 

"Sesuai arahan Bupati, kita tingkatkan pelayanan administrasi kepegawaian kepada seluruh aparatur sipil negara di daerah kita," kata Kepala BKD Idarussalam, saat ditanya wartawan disela-sela penyerahan Piagam penghargaan itu. 

Idarussalam mengaku telah memulai melakukan pengiriman dokumen kepegawaian kepada dinas-dinas maupun sekolah-sekolah dan diserahkan kepada ASN tersebut.
"Saat ini kita telah antar dokumen kepegawaian langsung ke sekolah-sekolah oleh petugas kami. Alhamdulillah, kita mendapat respon positif dari para pegawai trutama guru-guru," kata pria yang akrab disapa Buya itu.

Sementara itu Kabid Mutasi Romi Satriawan Cahyadi, mengatakan ke depan akan membuat MoU dengan PT Pos untuk kerjasama dalam pengiriman dokumen kepegawaian tersebut langsung ke rumah-rumah pegawai.

"Jadi para pegawai hanya cukup menunggu dirumah saja lagi. Langkah ini sama yang dilakukan oleh Dinas Dukcapil," kata Romi dalam pembicaraannya dengan  Kabag Humas Hendra Aswara di ruang kerjanya.

Romi berharap pelayanan kepegawaian semakin terus meningkat sehingga ASN merasa dilayani sepenuh hati. Ia pun mengingkatkan agar ASN yang mengurus dokumen kepegawaian untuk  benar-benar melengkapi persyaratan sesuai ketentuan perundang-undangan.

Bupati Ali Mukhni ketika dihubungi secara terpisah, mengapresiasi gerak cepat jajaran BKD dalam menyikapi tuntutan ASN dalam perbaikan pelayanan kepegawaian. Ia meminta MoU dengan PT POS tersebut telah dapat direalisasikan pada Tahun 2016 mendatang.

"Setahu  saya  saat ini BKD mengantar langsung berkas kepegawaian ASN ke dinas-dinas, Insya Allah tahun depan diantar melalui paket pos tanpa biaya. Terobosan BKD ini perlu kita apresiasi," kata Bupati yang meraih pengahrgaan Satya Lencana Pembangunan dari Presiden RI ini. (ya)

google+

linkedin