TABLOIDBIJAK.COM (Solok)-Universitas Mahaputera Muhammad Yamin Solok yang berkampus didua daerah yakni di Kabupaten dan Kota Solok kembali mengirim mahasiswanya untuk magang keberbagai instansi di Propinsi Sumatera Barat. Selain untuk melakukan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan serta menambah wawasan mahasiswa didunia kerja kegiatan itu dimaksudkan untuk mewujudkan salah satu tridharma perguruan tinggi yakni pengabdian masyarakat. 

"Setia tahun kita kirim mahasiswa untuk magang keberbagai Instansi di Propinsi Sumatera Barat, selain untuk memperkenalkan mahasiswa kedunia kerja disana juga mahasiswa dapat menambah wawasannya baik tentang dunia kerja maupun dunia usaha", kata Rektor UMMY Solok Prof. Dr. Elfi Sahlan Ben, Apt melalui Kabag Kemahasiswaan Ismail Arifin, S. Pd diruang kerjanya beberapa waktu lalu. 

Menurut Ismail, kegiatan itu selalu dilakukan tiap tahunnya dan selain menambah wawasan mahasiswa juga sekaligus kegiatan tersebut menjadi ajang promosi universitas itu di Sumbar. "Selain sebagai sarana menambah wawasan adik-adik mahasiswa, magang ini juga kita maksudkan sebagai ajang promosi Universitas Mahaputera Muhammad Yamin Solok ke masyarakat", kata Ismail.

Senada dengan itu, kepada Tabloid Bijak, Adriyanti, SH, MH selaku Ketua Jurusan Ilmu Hukum di Fakultas Hukum UMMY Solok mengatakan mahasiswa yang di menjalankan magang juga dibekali oleh fakultas masing-masing agar dapat memahami makna kegiatan magang sepenuhnya.

"Iya, kita tiap tahun mengirim mahasiswa keberbagai instansi untuk magang tapi sebelum magang kita bekali dulu mahasiswa dikampus, kita adakan pembekalam agar mahasiswa memahami sepenuhnya arti magang tersebut", tutur Adriyanti.

Universitas Mahaputera Muhammad Yamin Solok yang hampir setiap jurusannya telah memiliki akreditasi B ini terus berbenah. Tahun 2017 ini, satu-satunya Perguruan Tinggi setingkat Universitas di kabupaten dan Kota Solok ini berhasil mengirim mahasiswa ke Amerika Serikat dalam acara Young South East Asian Leaders Initiative (YSEALI) Academic Fellowship 2017 dan sebagai satu-satunya wakil Sumatera Barat pada pertemuan Internasional dalam program yang dulu digagas oleh Presiden Amerika Serikat Barack Obama sejak 2013 lalu. 

Tujuan program tersebut adalah mempererat hubungan antara Negara Amerika dan negara-negara ASEAN di bidang lingkungan, ekonomi, sumber daya alam, wirausaha dan juga hubungan kewarganegaraan.

Selain magang, Tim promosi juga sudah turun ke sekolah-sekolah sasaran yang berada di Kabupaten Solok, Solok Selatan, Sijunjung, Dharmasraya, Sawahlunto, dan Tanah Datar.

Ketika dikonfirmasi ke Kabag Kemahasiswaan Universitas Mahaputera Muhammad Yamin, Ismail Arifin terkait pendaftaran mahasiswa baru dan fasilitas yang disediakan UMMY Solok dirinya mengatakan pihaknya terus mengupayakan untuk meningkatkan jumlah mahasiswa dimana pada 2016 hanya sekitar 300 mahasiswa baru yang mendaftar.

Ia berharap tahun ajaran 2017-2018 mahasiswa baru UMMY Solok akan lebih banyak, karena ada pergantian pejabat di lingkungan kampus yang diharapkan membawa semangat baru.

Dalam proses penerimaan mahasiswa baru, UMMY Solok melakukan seleksi tiga gelombang, dimana gelombang I mulai pendaftaran pada 3 April hingga 30 Juni 2017.

Gelombang II mulai 3 Juli hingga 8 September 2017, dan gelombang III pada 11 September, sementara perkuliahan dimulai pada akhir September 2017. Ia juga menyampaikan UMMY Solok memiliki empat fakultas yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Pertanian (Faperta), Fakultas Ekonomi (Fekon), dan Fakultas Hukum (FH) dan untuk membantu mahasiswa UMMY Solok yang mengalami keterbatasan biaya kampus menyediakan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi seperti beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), dan beasiswa kurang mampu seperti Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik (BBP-PPA).*** Risko

google+

linkedin