TABLOIDBJAK.COM (Kota Pariaman)— Wali Kota Pariaman, Drs.H. Mukhlis Rahman, MM mengatakan, kesenian daerah khas, harus kita jaga, pelihara dan lestarikan selalu, karena kalau bukan kita yang melestarikannya, maka kesenian itu a akan kalah dari kesenian luar yang masuk, sehingga kearifan lokal kita punya, tidak dapat dipertahankan.

Hal itu disampaikan Mukhlis Rahman, dalam sambutannya ketika membuka Lomba Gandang Tasa Kreasi antar Sekolah Dasar dan Madrasyah Ibtidaiyah (SD/MI) se Kota Pariaman, di Pentas Seni Pantai Gandoriah, Sabtu (23/9/2017). 

“Kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan kesenian khas Kota Pariaman dengan gandang Efendi Jamal, dan anggota GSK yang turut hadir di kesempatan ini. (J)tasa dan tambuanya, sehingga kesenian ini tetap terjaga dan terpelihara, tidak tertinggal dengan kesenian modern yang ada saat ini,” tuturnya.

Ia juga menambahkan lomba gandang tasa kreasi ini juga memberikan wahana bagi anak-anak kita dalam berkreatifitas, sehingga anak-anak kita mampu berkreasi serta melakukan improvisasi, sesuai bakat dan kemampuannya masing-masing. 

“Digelarnya acara ini secara tidak langsung akan menimbulkan kecintaan terhadap budaya khas kita, sekaligus merupakan salah satu bagian dari upaya kita untuk menggali dan menggalakkan kembali kesenian tradisional yang ada didaerah kita, sekaligus memberikan ruang positif bagi anak-anak pelajar kita,” tutupnya.

Lomba ini diikuti oleh 50 SD yang memiliki kesenian Gandang Tasa Kreasi, dengan berbagai macam atraksi dan penambahan yang menarik dalam penampilan mereka. Kegiatan ini juga
dilksanakan dalam rangkaian Pesona Hoyak Tabuik Piaman tahun 2017. 

Hadir dalam acara ini Ketua TP PKK kota Pariaman Reni Mukhlis, Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kanderi dan jajarannya sebagai panitia pelaksana, Kadis Pariwisata. (rel/amir)

google+

linkedin