BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)---Dalam menjalankan tugas sebagai kepala daerah, seringkali terjadi perbedaan pendapat atau kepentingan antar Walikota dan Wakilnya. Diharapkan, perbedaan sebagai dinamika diselesaikan dengan baik, bukan justru diperkeruh dan dipertentangkan.

“Kalau perbedaan terus dikipas-kipas, maka rakyat yang menjadi korban, karena masing-masing pihak tidak akan berkonsentrasi memikirkan program untuk masyarakat, melainkan saling bermanuver untuk menjatuhkan,”ujar Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno ketika melantik Walikota-Wakil Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi-H. Erwin Yunaz, di kantor Gubernur setempat, Sabtu (23/9).

Gubernur juga menginstruksikan Riza Falepi-Erwin Yunaz agar tidak membatasi hari kerja dalam memberikan pelayanan pada masyarakat. “Kerja kepala daerah tidak hanya Senin sampai Jumat, melainkan sampai Minggu. Tidak pagi sampai sore, tapi sampai malam. Itu amanah rakyat,” jelasnya. 

Menyikapi arahan gubernur, Walikota Payakumbuh Riza Falepi berkomitmen untuk terus menjaga hubungan kerja yang harmonis dengan Erwin Yunas sebagai wakilnya. Diakuinya, selama menjabat sebagai Walikota Payakumbuh periode sebelumnya, pernah terjadi perbedaan pandangan dengan wakil. 

Akan tetapi, permaslahan dimaksud mampu diredam dan dikelola dengan baik, sehingga tidak muncul di permukaan, serta pelaksanaan program pemerintahan tetap terlaksana dengan baik.

Saya pernah mengalami perbedaan pada periode sebelumnya, tapi itu dapat diselesaikan dengan baik. Perpecahan memang sering terjadi akibat pembagian tugas dan pemahaman aturan yang tidak sejalan. Saya bersama wakil akan saling berbagi tugas secara adil, dan tentunya sesuai kewenangan.

 Jaga kekompakan, jabatan kepala daerah merupakan amanah dari rakyat, rakyat harus diperhatikan dan disejahterakan, jangan membuat rakyat kecewa," . Itulah sebait pesan yang disampaikan oleh Gubernur Irwan Prayitno kepada Walikota Payakumbuh Riza Falepi dan Wakil Walikota Erwin Yunaz.

Usai pelantikan Walikota Payakumbuh Riza Falepi dan Wakil Walikota Erwin Yunaz, kepada sejumlah wartawan di Padang, mengatakan, dia akan selalu menjaga harmonisasi dalam menjalankan roda pemerintahan di Payakumbuh selama 5 tahun ke depan, ujar dia. (ada)

google+

linkedin