BIJAK ONLINE (TANAH DATAR)-Sikap dan prilaku peserta didik beserta warga lingkungan sekolah menjadi salah satu dari 14 indikator dalam penilaian lomba sekolah sehat tingkat propinsi Sumatera Barat yang dilaksanakan di SMPN 1 Batipuh, Kamis (28/9/2017).

14 indikator penilaian tersebut mencakup ruang kerja kepala sekolah/madrasah, ruang kerja guru, ruang kelas, ruang ibadah, ruang UKS/M, kamar mandi/wc, kantin, perpustakaan, ruang laboratorium, tempat penampungan sampah, tempat cuci tangan, sekretariat TP-UKS/M, sikap/prilaku dari peserta didik dan semua yang tergolong dalam lingkungan sekolah.

Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma menyebutkan dalam arahannya bahwa sekolah/madrasah di seluruh Kabupaten Tanah Datar termotivasi untuk berkompetisi dalam lomba UKS/M tingkat Nasional dengan kedatangan tim penilai UKS/M dari Propinsi Sumatera Barat.

"Kedatangan tim UKS Propinsi agar menjadi motivasi bagi sekolah-sekolah di seluruh Tanah Datar untuk bisa ikut ambil andil dalam lomba UKS/M tingkat Propinsi sehingga membantu terwujudnya visi dan misi pemerintah untuk menciptakan masyarakat yang madani, berbudaya dan sejahtera yang kita tahu semua harus dimulai sejak dini dari generasi muda kita," ujar wabup.

Sebagai gambaran keberhasilan khususnya dalam lomba sekolah sehat dari tahun 2000 sampai sekarang  Kabupaten Tanah Datar selalu menempatkan perwakilannya yang disebut Wabup sebagai daerah berkomitmen tinggi dalam membina kesehatan sekolah.
"Prestasi tersebut mudah-mudahan menjadi point penting dalam penilaian ini sehingga Tanah Datar dapat mewakili Sumbar ke tingkat Nasional nantinya," tutur Wabup dalam arahannya.

Di kesempatan itu juga Wabup menyampaikan komitmen 4 menteri sudah dapat diaplikasikan di Sumatera Barat dan berjalan sangat baik di Kabupaten Tanah Datar karena pemerintah daerah sangat fokus terhadap pembinaan kesehatan sekolah di bawah koordinasi SKPD seperti Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Bagian Kesra.

"Di bawah koordinasi SKPD terkait, pemerintah Tanah Datar sangat fokus meningkatkan prilaku yang sadar akan pembinaan SDM yang mampu melahirkan generasi yang siap berkompetisi, sehat, punya IQ, EQ dan SQ serta berkarakter," ujar Wabup.

Pembinaan juga mencakup pembinaan dokter kecil, pemantauan jajanan sekolah, pembinaan perpustakaan, sanitasi, tanaman obat diahalaman sekolah serta penghijauan lingkungan sekolah sebut Wabup dalam arahannya pada kesempatan itu.

Ketua Tim penilaian UKS/M Propinsi Sumatera Barat Liza Dalinus mengatakan bahwa penilaian lomba sekolah sehat yang dilaksanakan merupakan rangkaian dari program Nasional yang selalu diagendakan di setiap tahunnya.

"Penilaian Lomba sekolah sehat dilaksanakan secara berjenjang yang dimulai melalui penjaringan di tingkat kecamatan dan SMPN 1 Batipuh ini yang sudah ke 9 kami nilai pada hari ini," ujarnya.
Sasaran utama dalam penilaian sekolah sehat yang bertujuan agar pengelolaan UKS/M dilaksanakan secara terpadu, terarah, intensif dan berkesinambungan sehingga diperoleh hasil yang optimal tambah Ketua Tim penilai dalam sambutannya.

Turut hadir dalam kesempatan itu Staf Ahli Zulkifli SR, Kepala Dinas Dikbud Tanah Datar Abbar, Camat Batipuh Apriyanto STP, Forkompinca, dan Kepala Sekolah SMPN 1 Batipuh H. Zulhadi. M.Pd.--* (Risko Marsianto/hms/rhn)

google+

linkedin