BIJAK ONLINE, TANAH DATAR - Untuk pelaksanaan pembangunan dan mengoptimalkan penyerapan APBD tahun 2017 di Kabupaten Tanah Datar harus memenuhi prinsip tepat waktu, tepat mutu, tepat administrasi, tepat sasaran dan tepat pengendalian, dan sebagai jawabannya dibentuklah tim percepatan pengendalian pembangunan.

Inovasi ini yang diapresiasi Bupati Tanah Datar yang diwakili Sekda Hardiman, yang disampaikan saat membuka Sosialisasi Tim Percepatan Pengendalian Pembangunan di Kabupaten Tanah Datar, Rabu (27/09).

“Inovasi yang digagas Bagian Administrasi Pembangunan patut diapresiasi untuk mendorong SKPD agar lebih maksimal dalam pelaksanaan anggaran,” sebut Hardiman di depan pejabat bidang perencana dan evaluasi di SKPD se Tanah Datar.

Dikatakan, tim percepatan pengendalian pembangunan dibentuk sebagai salah satu bentuk upaya peringatan dini dalam pelaksanaan kegiatan dan mempermudah koordinasi antar pengambil keputusan.

Apalagi saat ini jelas Hardiman, sudah pada akhir triwulan III sehingga sangat dibutuhkan kerja keras seluruh SKPD untuk percepatan pelaksanaan kegiatan pembangunan baik fisik maupun non fisik terutama kegiatan yang bersifat strategis.

Hardiman mengharapkan dengan pembentukan tim ini membantu pelaksanaan program dan kegiatan secara sistematis di masing-masing SKPD. Semuanya itu kemudian harus dilaporkan seara berkenjang agar pelaksanaan dapat terkontrol dengan baik. 

Untuk itu Hardiman sarankan membentuk grup whatsapp untuk mempermudah komunikasi dan koordinasi anggota tim. “Manfaatkanlah fasilitas sosial media dengan sebaik-baiknya untuk memperlancar komunikasi dan koordinasi tim,” ucap Hardiman yang didampingi Asisten Ekobang Helfy Rahmi Harun.

Sementara Asisten Ekobang Helfy Rahmi Harun menambahkan tim percepatan pengendalian kegiatan pembangunan di Tanah Datar ini terdiri dari tim koordinasi dan kelompok kerja dan secara permanen berkerja setiap tahunnya.
Dengan adanya tim ini sebut Helfy, diharapkan segera bisa dicarikan solusi-solusinya ketika terjadi permasalahan dan kendala dalam pelaksanaan kegiatan.

Kabag Administrasi Pembangunan Audia Safitri dalam laporannya tugas tim di antaranya melakukan evaluasi secara berkala terhadap perkembangan kegiatan, merekapitulasi laporan kegiatan dan penyerapan anggaran beserta permasalahan-permasalahannya, menyusun laporan kegiatan dan mengentry ke aplikasi e-monev, serta mengkoordinasikan dengan Bagian Adiministrasi Pembagunan.

Untuk mendukungnya ucap Audia, saat ini sedang disusun SOP dan Juklak pengendalian kegiatan pembangunan yang akan menjadi pedoman tim khususnya dan bagi SKPD dalam percepatan pengendalian pembangunan di Tanah Datar.--* (RM/Hms)

google+

linkedin