BIJAK ONLINE (KOTA SOLOK)-Sekretaris Daerah Kota Solok Rusdianto,SIP, MM buka acara Sosialisasi dan Workshop Evaluasi RPJPD Kota Solok 2005-2025 bagi seluruh Kepala OPD, Sekretaris dan Kasubbag Program di Aula Bappeda Kota Solok. Rabu (27/9).

Acara yang menghadirkan Direktur Perencanaan, Evaluasi dan Informasi Pembangunan Daerah Dirjen Bina Bangda Kementerian Dalam Negeri Ir. Muhammad Hudori, MSi sebagai nara sumber serta Kasubdit Perencanaan dan Evaluasi Wilayah I Ir. Suprayitno, MA dan 2 (dua) tenaga ahli.

Dalam sambutan Walikota yang disampaikan Sekretaris Daerah dijelaskan bahwa dalam periode RPJMD 2010-2015 dan 2016-2021 telah terjadi perubahan kebijakan nasional dan juga perubahan kondisi daerah yang menyebabkan asumsi pokok dalam perencanaan pembangunan jangka panjang menjadi tidak relevan lagi.

"Perlu dilakukan tinjauan terhadap RPJPD Kota Solok agar rencana pembangunan daerah dapat menyesuaikan dengan perubahan kebijakan nasional dan perubahan kondisi daerah Kota Solok sendiri",terang Rusdianto.

Disamping itu beliau juga sampaikan bahwa sasaran yang telah ditetapkan dalam RPJPD Kota Solok 2005-2025 terdapat beberapa sasaran yang sulit dicapai sampai tahun 2025, serta belum mencantumkan indikator kinerja capaian.

"Untuk menjamin agar RPJPD Kota Solok dapat sesuai kebijakan nasional dan kondisi daerah, maka tahun ini kita akan melakukan evaluasi terhadap RPJPD",ungkap sekda.

"Kita berharap melalui workshop ini diperoleh informasi, acuan serta pedoman dalam rangka evaluasi, oleh karena itu diminta kepada peserta untuk serius dan aktif sehingga evaluasi RPJPD dan menyusun arah pembangunan yang lebih responsif dan realitis bagi kesejahteraan masyarakat Kota Solok",tutup sekda.-- * (Risko/Hms)

google+

linkedin