BIJAK ONLINE (SAWAHLUNTO)-KPU Sawah Lunto melaunching tahapan pemilihan kepala daerah 2018 sekaligus peresmian rumah pintar pemilu di halaman Kantor PT. Bukit Asam Kota Sawahlunto. Kegiatan itu dilaksanakan untuk mensosialisasikan  pemilihan walikota/wakil Walikota Sawahlunto yang akan berlangsung, 27 Juni 2018 mendatang.

Afdhal Ketua KPU Kota Sawahlunto mengatakan untuk pelaksanaan tahapan Pilwako ini, Walikota didukung DPRD telah menandatangani MoU anggaran sebesar  10,7 Milyar rupiah pada 24 Juli lalu.

Pada kesempatan itu Ismed Wakil Walikota mengajak para pemilih pemula untuk  segera mengurus kartu identitas diri sehingga nanti bisa ikut berpartisipasi menyalurkan hak suara dalam proses demokrasi.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan MoU keamanan bersama KPU dan Kapolres Sawahlunto sebagai jaminan keamanan dalam pelaksanaan Pilwako.

Dari tahapan yang disosialisasikan oleh KPU dijadwalkan Pendaftaran pasangan calon Wako/Wawako pada 8-10 Januari 2018.
Penerimaan tanggapan dan masukan masyarakat pada 10-16 Januari 2018. 
Penetapan pasangan calon 12 Februari 2018.
Pengundian dan pengumuman nomor urut pada 13 Februari 2018, masa kampanye 15 Februari s/d 23 Juni 2018, Audit Dana kampanye 14 feb-13 juli 2018 selanjutnya pemungutan dan penghitungan suara 27 juni 2018.

Proses sosialisasi yang berlangsung di taman Segitiga ini juga dimeriahkan oleh penampilan Randai Minang Saiyo yang berjudul SAMIL atau Sawahlunto Mamiliah.

Disebutkan Amdasmen, SH Ketua Kpu Provinsi Sumbar yang turut hadir dalam acara itu pelaksanaan Pilwako Sawahlunto akan bersamaan dengan Pilwako di Padang Panjang, Pariaman dan Kota Padang.--* Risko Mardianto/Hms

google+

linkedin