TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman)---Acara Batagak Gala (PBG) periode kedua Pemko Pariaman  dibuka Asisten Deputi (Asdep) Pemasaran Kementerian Pariwisata RI, Raseno Arya, di Rumah Tabuik Subarang, Sabtu (23/12/2017), malam. 

Raseno Arya mengapresiasi yang dilaksanakan Pemko Pariaman dalam rangka menaikan budaya lokal sebagai  sebuah event, dan acara adat yang sarat akan makna ini, di Sumatera Barat hanya Kota Pariaman baru melaksanakan melewakan gala secara serentak, yang dimediasi pemerintahannya. 

"Provinsi Sumatera Barat, hanya Kota Pariaman baru melaksanakan melewakan gala secara serentak, dimediasi pemerintahannya, semoga acara adat daerah ini, jadi pionir bagi Pemda lainnya, di Sumatera Barat” ujar Raseno Arya.

Asdep Pemasaran Kementerian Pariwisata RI ini juga mengungkapkan hanya dengan Pariwisatalah bisa meningkatkan pemasukan untuk daerah dan negara, karena itu, Kemenpar RI sangat mendukung agar di daerah banyak melaksanakan event wisata membuat orang ramai datang.

"Kalau Infrastruktur, fungsi sebagai peningkatan ekonomi daerah dan masyarakat akan memakan rupiah dan waktu lama, tetapi dengan Pariwisata, dengan modal sosial media dan rupiah sedikit, dampaknya cukup besar untuk daerah dan masyarakat," tutupnya.

Wali Kota Pariaman Mukhlis Rahman mengatakan, kegiatan ini kali kedua dilaksanakan Pemko Pariaman, dimana di tahun 2016 lalu, sukses menyelenggarakan PBG yang pertama. 
"Kita harapkan masyarakat dapat menikmati seluruh pertunjukan tradisional ditampilkan dalam 3 hari penyelenggaraan PBG II ini, mulai dari silek tradisional ulu ambek, pencak silat, talempong goyang, randai, indang dan tari piring," tuturnya.

Pada PBG II ini, ada hal istimewa, dimana LKAAM dan KAN se-Kota Pariaman menyepakati memberikan gelar sangsako pada Kapolres Pariaman AKBP Bagus Suropratomo Oktobrianto, dan Dandim 0308 Pariaman Letkol Arh Hermawansyah, atas kontribusi mereka, sebagai orang rantau di Pariaman, memajukan Pariwisata, serta menciptakan keamanan, ketertiban dan ketentraman pada masyarakat Kota Pariaman. 

Walau sempat diguyur hujan lebat, tidak menyurutkan antusias masyarakat pecinta tradisi budaya lokal, yang terdiri perguruan silek ulu ambek, se Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman. 
Hadir juga Ketua DPRD Kota Pariaman Mardison Mahyuddin, Kajari Pariaman Elfrianto, Kapolres Pariaman, Dandim 0308 Pariaman, Forkopimda lainya, Sekda Indra Sakti, Ketua TP PKK Reni Mukhlis, Ketua GOW Lucy Genius, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Kabag, Camat, Pengurus LKAAM dan KAN se Kota Pariaman, Kepala Desa/Lurah se kota pariaman dan para panitia dan pengisi acara. (J/amir)

google+

linkedin