BIJAK ONLINE (Padang)-Kepala  Dinas  Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Barat Siti Aisyah, mengajak semua penulis untuk mengikuti  Lomba Menulis Lingkungan Hidup, yang dilaksanakan untuk memeriahkan Hari Pers Nasional (HPN) yang puncak kegiatannya dilaksanakan, di Kota Padang, 9 Februari 2018 mendatang.

"Lomba menulis ini tak hanya memeriahkan HPN, tapi juga Bulan Mutu dan K3 Hari Sampah 2018, yang jatuh Februari mendatang," kata Kadis Lingkungan Hidup Sumbar, Siti Aisyah, dalam acara jumpa pers di Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Barat, Selasa, 19 Desember 2017.

Menurut  Siti Aisyah, thema lombanya;"Industri Lestari Lingkungan Negeriku, Masyarakat sehat dan sejahtera", dengan 3 sub tema yaitu sinergitas dunia industri dalam mengatasi persoalan lingkungan hidup daerah, membangun wisata sadar sampah, dan mengatasi bencana lingkungan dari hulu.

Peserta terbagi menjadi 2 (dua) ketegori, kategori I (wartawan), yaitu wartawan media cetak, online, elektronik lokal maupun nasional yang berdomisili di Sumatera Barat, dan wartawan kampus dan sekolah yang berdomisili di Sumatera Barat.

Selanjunya, kategori II (umum), yaitu masyarakat umum, praktisi, pengamat lingkungan, industri, pariwisata, dunia pendidikan dan lainnya yang berdomisili di Sumatera Barat.

"Waktu pelaksanaannya 15 Desember 2017 s/d 30 Januari 2018 meliputi, pengumuman lomba dalam bentuk Konfreksi pers pada hari selasa, 19 Desember 2017 berupa pemberitaan koran, radio, spanduk, dan baliho, penerimaan karya tulis 15 Desember 2017 s/d 25 Januari 2018 dalam bentuk hard copy ke sekretariat lomba, penilaian juri 26-30 Januari 2018, pengumuman minggu ke II pada saat puncak HPN (tentatif)," ujar Siti Aisyah.

Siti Aisyah menjelaskan tata cara lomba yaitu, tulisan memuat tema dan sub tema diatas dan dapat dikembangkan lebih lanjut yang memuat diantaranya hasil pengamatan terhadap kondisi lingkungan daerah Provinsi Sumatera Barat dan gagasan-gagasan yang dapat menjadi masukan bagi daerah, serta membangun empati masyarakat dan dunia industri dalam mewujudkan lingkungan yang indah dan asri.

Selanjutnya, untuk kriteria I (wartawan) tulisan dinilai adalah tulisan yang telah dipublikasikan di media cetak maupun online lokal dan nasional antara 15 Desember 2017 s/d 25 Januari 2018. Dan untuk kategori II tulisan tidak wajib yang telah di publikasikan di media cetak maupun media online.

Peserta menyampaikan tulisan melalui email Dinas LH dlh@sumbarprov.go.id hardcopy diserahkan langsung ke sekretariat panitia Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Barat, untuk peserta kategori I wajib melengkapi foto koran/screen shoot. Tulisan paling lambat 25 Januari 2018.

"Setiap wartawan boleh mengirimkan lebih dari satu tulisan, tulisan harus memenuhi kode etik jurnalistik dan kaidah penulisan serta tidak mengandung unsur Sara dan Hoax, karya tulis dibuat minimal 3 halaman/4000 karakter dengan kertas folio tulisan times new roman 12, spasi 1,5. Kecurangan yang ditemui dalam pelaksanaan lomba seperti karya bukan milik sendiri, jika menang panitia berhak membatalkan dan keputusan panitia tidak dapat diganggu gugat," tambahanya.

Siti Aisyah juga menyampaikan pemenang masing-masing kategori (wartawan dan umum) diberikan sertifikat dan hadiah, juara 1 sebesar 5 juta, juara 2 sebesar 4 juta, dan juara 3 sebesar 3 juta. Dan 6 orang nilai terbaik 500 ribu, dengan total hadiah 30 juta.

Selain itu, pengumuman dipublikasikan di media cetak dan elektronik (http://dlh.sumbarprov.go.id dan http://diskominfo.sumbarprov.go.id) dan diberikan pada hari puncak HPN pada 7-8 Februari 2018.(ferdianto)

google+

linkedin