BIJAK ONLINE (Pesisir Selatan)-Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni dan istri ketua PKK Lisda Hendrajoni mengisi waktu liburan dengan blusukan di Kecamatan Linggo Sari Baganti. Di kawasan itu, HendraJoni bersama istri melakukan berbagai kegiatan. Mulai meninjau pembangunan sarana infrastruktur di wilayah itu, melihat kawasan yang dilanda abrasi pantai hingga berdialog dengan masyarakat setempat.

“Kita akan segera lakukan penanganan. Untuk itu kita akan laporkan kepada Balai (Sungai) agar dapat membantu abrasi di Muaro Kandis ini. Kalau dibiarkan berlarut akan sangat berdampak dengan masyarakat,”ucap Hendrajoni ketika meninjau daerah yang dilanda bencana abrasi pantai di Muara Kandis Punggasan, Senin (25/12).

Sebelumnya, Hendrajoni juga meninjau pembangunan jalan Kambang-Indrapura. Dia ingin memastikan pengaspalan tersebut selesai tepat waktu. Dia meminta pihak kontraktor agar mengebut pengerjaan jalan nasional tersebut.

Di Punggasan, ketua DPD PAN Pesisir Selatan berdialog dengan tokoh masyarakat setempat. Masyarakat mengadu berbagai macam persoalan kepada pemimpin yang dikenal merakyat itu seperti masalah pukat harimau yang merajalela di perairan disana. 

Pertemuan itu digelar di Aula pertemuan Nagari Muaro Kandis. Kepada masyarakat Hendrajoni berjanji akan menindak tegas pelaku yang mengoperasikan pukat harimau tersebut karena menyangkut mata pencaharian dan kesejahteraan masyarakat setempat.

“Penggunaan pukat harimau oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Secara langsung berdampak kepada perekonomian masyarakat nelayan di wilayah ini. Ini harus menjadi perhatian kita. Kesejahteraan masyarakat adalah visi kita bersama,”jelas HJ, begitu Hendrajoni akrab disapa.

Sepulang dari Punggasan, Hendrajoni menyempatkan diri untuk singgah di Pasar Balai Selasa dan Pasar Kambang. Pasar Balai Selasa akan dipugar pada tahun depan. Sedangkan Pasar Kambang sedang renovasi dan kini telah sampai pada tahap akhir.

“Kita telah anggarkan biaya renovasi pasar sebesar 3,5 miliar. Pengerjaan dimulai pada tahun depan,”ucap Hendrajoni.

Disaat bersamaan, ketua PKK Lisda Hendrajoni juga melakukan giat di daerah tersebut. Lisda menyerahkan dana bantuan bedah rumah kepada warga yang tempat tinggalnya rusak karena abrasi pantai. Selain itu, Lisda juga menyerahkan bantuan dua kursi roda dan tongkat. 

Bantuan tersebut merupakan donasi para donatur yang tergabung kedalam komunitas Dunsanak Mambantu Dunsanak. Dia juga berjanji akan kembali membantu tiga unit rumah lagi pada tahun depan.

“Sekarang kita bantu 2 unit rumah. Insya Allah 2018 ini kita bantu tiga unit rumah lagi,”ungkap perempuan yang dinobatkan sebagai manusia bintang versi Rakyat Merdeka tersebut.

google+

linkedin