BIJAK ONLINE (Padang)-Gubernur Sumatera Barat , Irwan Prayitno, menghadiri acara  apel gelar pasukan Operasi Lilin-2017, di lapangan Imam Bonjol, Kota Padang, Kamis, 21 Desember 2017.

"Kita tingkatkan sinergi dengan instansi terkait untuk  memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan natal 2017 dan tahun baru 2018, " kata Kapolda Sumatera Barat, Irjen Pol Fakhrizal.

Menurut kapolda, apel gelar pasukan pengamanan Operasi Lilin 2017 Polda Sumatera Barat melibatkan 1000 orang personil lebih.  Adapun yang bertugas pada Operasi Lilin Singgalang 2017 berjumlah 6.230 personil yang terdiri dari Polri sebanyak 3.730 personil, yang terdiri dari Polda Sumbar 393 personil dan jajaran Polres 3.337 personil. "Selanjutnya, TNI dan Instansi lain berjumlah 2.500 personil, TNI 311 personil dan Instansi lain berjumlah 2189. Instansi lain terdiri dari 367 personil Dishub, 495 personil Satpol PP, 248 personil Dinkes, 213 personil Pramuka, 10 personil Linmas, 38 personil Jasa Raharja, 107 personil Senkom dan lainnya," katanya.

Kegiatan yang dilakukan, kata kapolda,  yaitu giat ibadah atau perayaan natal, giat perayaan tahun baru, giat rekreasi atau wisata atau belanja, dan giat Pam arus mudik atau balik natal dan tahun baru.

Selain itu, juga disampaikan Laksanakan giat Intelijen (Lidik, PAM, dan Gal) Guna peroleh bahan keterangan tentang faktor yang dapat pengaruhi terjadinya gangguan Kamtibmas jelang, pada saat dan setelah perayaan natal dan tahun baru. Laksanakan giat pencegahan dilokasi yang menjadi pusat kegiatan masyarakat dalam rayakan natal dan tahun baru.

Selanjutnya, Laksanakan giat pencegahan dan Binlur agar masyarakat patuhi himbauan untuk cegah terjadinya macet, Garlantas serta Guantibmas sekaligus bentuk opini yang untungkan dalam pelaksanaan Ops gunakan media yang ada. 

"Lakukan penindakan hukum terhadap pelaku tindak pidana yang ganggu perayaan natal dan tahun baru sesuai ketentuan hukum yang berlaku serta bantu Ops Pam secara tertutup, laksanakan bantuan medis dan kesehatan serta evaluasi korban laka ataupun bencana, Gelar jarkom dan elektronika dalam dukung pelaksanaan operasi, dan menyiapkan pospam dan pelayanan dilokasi perayaan natal dan tahun baru," kata kapolda.

google+

linkedin