BIJAK ONLINE (BIJAK)---Penggerak PKK Nagari Koto Tangah Batu Hampa, Kecamatan Akabiluru, Kabuapeten Lima Puluh Kota, berhasil mengkreasikan hasil pertanian setempat, berupa umbi-umbian menjadi olahan produk makanan siap untuk dipasarkan, dalam pelatihan dilaksanakan selama 2 hari (18-20/12).

Hal ini didapatkan ibu-ibu PKK saat melakukan pelatihan pengolahan makanan didaerah tersebut. Dari kegiatan tersebut para peserta tampak sangat antusias dalam praktek membuat aneka olahan makanan yang dibuat dari bahan umbi-umbian. Diruangan pelatihan tampak riuh, ada yang mencetak, ada yang menggoreng, ada yang mengaduk hingga mengemas produk hasil olahan tersebut. 

Pelatihan pengolahan hasil pertanian tersebut diketahui didapatkan dari hasil pemanfaatan dana desa di kenagari Koto Tangah Batu Hampa. Dalam kegiatan pelatihan tersebut, ibu-ibu PKK dibimbing oleh mentor yang berasal dari dosen Politani Payakumbuh, Nurzarrah Tazar dan Ermiati. Dari hasil pelatihan tersebut dihasilkan berbagai makanan serba umbi-umbian mulai dari stick ubi, brownis,kukis ubi dan keripik wortel, dan makanan lainnya.

Dalam kesempatan itu, ketua PKK di Kenagarian Koto Tangah Batu Hampa Ari Rahmawati mengatakan, pelaksanaan kegiatan ini, memamfaatkan dana desa dinagari tersebut. "Kami PKK Nagari Koto Tangah Batu Hampa, dibawah arahan dosen dari Politani Payakumbuh mengadakan pelatihan pengolahan makanan dan berhasil mengkreasikan berbagai makanan dengan bahan dasar ubi ungu, ubi kayu, wortel dan kentang,"jelasnya.

Sementara itu, Nurzarrah Tazar selaku mentor mengharapkan dengan diadakannya pelatihan ini akan menjadi bekal untuk masyarakat untuk berwirausaha dan bisa memamfaatkan hasil pertanian didaerah ini. “Melalui pelatihan ini diharapkan para kader PKK dan warga kedepannya dapat berwirausaha membuat kue di rumah atau didalam kelompok PKK dan dapat menambah penghasilan mereka,”ujarnya.

Ditempat yang sama Bupati Lima Puluh Kota H. Irfendi Arbi sangat mendukung dan mengapresiasi dengan diadakannya pelatihan ini, dimana dengan pembinaan dan pelatihan ini dapat meningkatkan kualitas masyarakat terutama dalam meningkatkan peran perempuan dalam kegiatan kemasyarakatan.

"Melalui PKK kita dapat meningkatkan peran perempuan serta dapat menggali, menggerakkan serta mengembangkan potensi masyarakat didaerah kita. Khususnya dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga," ujar Irfendi.

Menurutnya PKK adalah salah satu perpanjangan tangan pemerintah dalam menggerakan pembangunan yang ada di masyarakat."PKK adalah gerakan pembangunan berbasis keluarga yang berpartisipasi dalam pembangunan didaerah kita dan dengan adanya PKK dapat mendongkrak kesejahteraan keluarga,"sambungnya.

Diakhir sambutannya bupati berharap dengan palatihan ini ibu-ibu PKK di Nagarian Koto Tangah Batu Hampa dapat mengolah serta memasarkan produk hasil olahannya tersebut ke pasaran sehingga dapat meningkatkan taraf ekonomi dan menciptakan lapangan pekerjaan yang baru di daerah tersebut. "Semoga nantinya produk makanan yang dihasilkan ini dapat dipasarakan dan diterima masyarakat, serta dapat menjadi salah satu produk unggalan dinagari ini,"ulasnya. (ada)

google+

linkedin