BIJAKONLINE (Dharmasraya)-Pemerintah Daerah Dharmasraya di bawah kepemimpinan sutan Riska Tuanku Kerajaan berencana akan mengembangkan objek wisata air. Pengembangan wisata air ini akan dikhususkan di lokasi sepanjang aliran Sungai Batang Hari.

Menurut bupati temuda se-Indonesia ini, melihat potensi yang dimiliki sungai batang hari yang membelah kabupaten Dharmasraya sangat pantas untuk dikembangkan menjadi objek wisata air.

Seperti diketahui, Sungai Batang hari yang mengalir dari kabupaten Solok Selaratan menuju Jambi adalah sungai terlebar dan terpanjang yang ada saat ini di sumatera barat.

Melihat potensi yang ada saat ini, banyak yang bisa Pemda perbuat untuk pengembangan pariwisata di sepanjang aliran batang hari ini, sepanjang ada keingingan.

"Coba bayangkan, di aliran Sungai Batang Hari ini kita bisa buat wisata perahu tradisional menuju candi padang roco yang ada di Siluluk, sungai Lansek kenagarian siguntur yang memang berada di pinggir sungai batang hari, pasti ada sensasi tersendiri bagi wisatawan, apalagi kalau disediakan jet Sky untuk wisatawan yang ingin mencoba wisata sky air di sungai batang hari," ujarnya.

Nantinya di Jembatan Sungai Batang Hari tersebut akan di buat seindah mungkin untuk menarik minat wisatawan, dengan diiringi program baik itu festifal maupun bentuk lain yang menampilkan kebudayaan yang ada di Dharmasraya yang terkenal heterogen.

Dengan telah dikembangkannya pariwisata air di sepanjang Sungai Batang hari diyakini bupati pilihan rakyat ini akan meningkatkan perekinomian masyarakat yang tinggal di pinggiran sungai batang hari tersebut.

Untuk itu dia mengajak seluruh masyarakat agar dapat mendukung program Pemda Dharmasraya kalau hal ini bisa direalisasikan kedepannya. (hendri)

google+

linkedin