BIJAK ONLINE (Padang)-Dinas Prasarana Jalan, Tata Ruang dan Pemukiman Provinsi Sumatera Barat menjalin kerjasama dengan Fakultas Teknik dan Perencanaan Universitas Ekasakti Padang.

Kerjasama ini dituangkan dalam Nota Kesepakatan (MoU) yang ditandatangani oleh Kepala Dinas Prasarana Jalan, Tata Ruang dan Pemukiman Ir. Suprapto, MSi dan Dekan Fakultas Teknik dan Perencanaan Unes Drs. Rizal Abu, ST, M.Eng di Ruang Rektorat Universitas tersebut, Rabu (18/5) kemarin. 

Kerjasama Dinas Prasarana Jalan, Tata Ruang dan Pemukiman Provinsi Sumatera Barat telah lama terlaksana  dalam bidang infrastruktur, baru terlaksana hari ini diperkuat dengan MoU.

Suprapto mengatakan daerah Sumatera Barat adalah daerah gempa,  untuk itu diperlukan tenaga ahli dan trampil dibidang konstruksi, sekarang di daerah ini tidak banyak tenaga ahli dan trampil dibidang itu, di Dinas Prasarana Jalan, Tata Ruang dan Pemukiman sangat minim sekali tenaga teknis dan banyak tenaga dibidang disiplin ilmu lainnya, sehingga tenaga teknis yang mempunyai keahlian yang memasukan lamaran kita terima, ujar Suprapto. 

Kepala Dinas Prasja dan Pemukiman Provinsi Sumatera Barat memberi peluang kepada Mahasiswa Fakultas Teknik dan Perencanaan Universitas Ekasakti Padang untuk magang dan menimba ilmu dibidang konstruksi, sehingga  ilmu yang diperoleh dibangku kuliah sehimbang dengan ilmu pekerjaan dilapangan.

Menurut Suprapto  mahasiswa harus bisa membangun relasi, komitmen apa yang diinginkan orang lain, bisa bersosialisan, mencari teman untuk memudahkan mendapat peluang untuk bekerja. 
Membangun infrastruktur jalan, jembatan dan pemukiman tidak mudah, berhadapan dengan masalah bagaimana menyiapkan sumberdaya manusia nya, kontraktor-kontraktor perencana dan pelaksana yang handal dan diikuti kesiapan tenaga administratif yang kuat.

Perpaduan antara pihak manajemen dengan kontraktor pelaksana dalam mewujudkan infrastruktur jalan, jembatan dan pemukiman menjadi bagian yang tidak kalah pentingnya. tambah Suprapto 

Dikatakan, dokumentasi penting untuk menangani masalah infrastruktur tidak saja diarahkan pada persoalan teknis bangunan jalan, jembatan dan pemukiman, menejemen konstruksi juga dilihat bagaimana kaitannya dengan menejemen konstruksi bisa bekerja.

Wakil Rektor I Universitas Ekasakti Padang Dr. H. Agussalim, SE, MS  mengatakan MoU ini penting dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan baik pada Fakultas Teknik dan Perencanaan maupun pada Fakultas lainnya dilingkungan Universuitas Ekasakti Padang.

Diharapkan Agussalim agar mahasiswa Teknik dan Perencanaan Unes ini bisa memanfaatkan kesempatan yang diberikan  Dinas Prasarana Jalan, Tata Ruang dan Pemukiman untuk magang dan  ilmu yang diperoleh selama ini di Fakultas Teknik bisa diaplikasikan dilangan nantinya.
Dosen dan Mahasiswa jangan takut menulis dan mengutip hasil penelitian penulis masa lalu. dalam melakukan penelitian rangkumannya dimasukan dalam Jurnal yang sudah ada di Fakultas, ujar Agussalim. 

Acara penanda tanganan MoU ini diahadiri Kepala Bidang Jasa Konstruksi Dinas Prasja dan Tarkim Provinsi Sumatera Barat Ir. Prihantony, M.PMM, para Pimpinan dan Dosen Fakultas Teknik dan Perencanaan Universitas Ekasakti Padang.(Humas Unes).

google+

linkedin