BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)—Wakil Wali Kota Pariaman, Dr. H. Geneus Umar, mengatakan, anak muda Kota Pariaman harus memiliki kreatifitas dan produktif dalam berbagai bidang kehidupan. Sehingga anak muda Kota Pariaman mampu berperan aktif dalam setiap pembangunan di Kota Pariaman, khususnya sector Pariwisata yang sudah menjadi visi misi Kota Pariaman ke depan.

Hal itu diungkapkan  Genius Umar,  pada pembukaan Pesona Gandoriah Music Fiesta 2016, Minggu (29/5/2016), di pentas Pantai Gandoriah, Kota Pariaman. 

Menurut Genius Umar, anak-anak muda Kota Pariaman kini terlihat semakin tinggi konsennya terhadap Pelestarian Budaya, kerajinan, lingkungan dan music. Dengan terselenggaranya Music Fiesta 2016 ini menunjukkan anak-anak muda Kota Pariaman sudah memiliki konsen terhadap music. 

“Kita memang membutuhkan kelompok-kelompok anak muda Pariaman yang produktif, kreatif dan inovatif di berbagai bidang. Dalam mewujudkan kreatifitas tersebut, anak muda tidak boleh ada hambatan dan rintangan yang akan menjadi kendala dalam berkreatifitas tersebut. Jangan hanya dengan menghadapi masalah kecil, masalah dana, anak muda berhenti berkreatifitas,” kata Genius Umar.

Genius Umar juga menantang anak muda Kota Pariaman agar mampu melaksanakan festival permainan anak nagari yang kini sudah mulai langka dilakukan. Seperti main galuak, talempong, gasing, dan sebagainya. Melalui festival tersebut nantinya akan menarik minat untuk kembali menghargai nilai-nilai lokal yang sudah lama hilang.

“Semakin banyak anak-anak muda Kota Pariaman yang kreatif dan inovatif, maka akan bisa meningkatkan sector pariwisata Kota Pariaman. Pemko Pariaman akan terus mendorong anak-anak muda yang kreatif tersebut. Sehingga mendorong anak muda Kota Pariaman melahirkan ide-ide baru sebagai hasil dari kreatifitasnya,” kata Genius Umar menambahkan. 

Pembukaan Music Fiesta 2016 dihadiri juga Ketua KNPI Kota Pariaman Reza Saputra yang juga Anggota DPRD Kota Pariaman. 

Ketua Panitia Gandoriah Music Fiesta 2016 Gerald Kamil mengatakan rangkaian acara dari Gandoriah Music Fiesta 2016 sendiri terdiri dari penampilan 20 Band yang ada di Sumatera Barat yang akan bertanding untuk meraih yang terbaik. 

“Selain itu, kita juga melaksanakan Lomba mewarnai tingkat TK dan Paud yang bekerjasama dengan Forum Komunitas Hijau Kota Pariaman. Workshop Layang-Layang yang bekerjasama dengan Museum layang-layang Indonesia, serta penampilan guest star Avocadod Dancer yang akan tampil di malam harinya,” jelasnya.

Acara ini terselenggara atas kerjasama Pemerintah Kota Pariaman melalui Dinas Budpar Kota Pariaman, para donator dan sponsor yang membantu terlaksananya acara ini seperti Semen Padang, KNPI Provinsi Sumatera Barat, KNPI Kota Pariaman, Forum Komunitas Hijau Kota Pariaman, dan semua pihak yang turut membantu terwujudnya Gandoriah Music Fiesta tahun 2016 untuk kali pertama ini, tutupnya. 

Sebagaimana diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata Kota Pariaman, Efendi Jamal, sebelumnya, Festival Pesona Gandoriah  diadakan pada 28 Mei hingga 1 Juni 2016 di Pantai Gandoriah. Selama 5 hari akan digelar  dengan acara bazar dan hiburan rakyat, diantaranya lomba layang-layang kreasi yang diikuti 6 negara, workshop layang-layang, lomba kuliner masak kapalo ikan, gandoriah musik fiesta, selaju sampan, lomba lagu minang anak-anak dan dewasa, lomba surfing, lomba foto dan video pariwisata, lomba kuliner berbagai jenis  sala dan lomba baruak memanjat kelapa.

Music Fiesta yang digelar Komunitas Ayo ke Pariaman, yang merupakan rangkaian kegiatan Festival Pesona Gandoriah 2016 yang sebelumnya diresmikan Gubernur Sumatera Barat, yang diwakili  Kepala Dinas Pemuda dan olahraga Provinsi Sumatera Barat, Priyaldi Syukur. (amir)

google+

linkedin