BIJAK ONLINE (Dharmasraya)-Untuk melestarikan cagar budaya yang ada di kabupaten Dharmasraya, Forum Jurnalistik Independen Dharmasraya (FORJID) mengadakan gotong royong bersama masyarakat membersihkan dan pengecatan candi Padang Roco yang ada di jorong Sungai Lansek, Kenagarian Siguntur Kecamatan Sitiung, Minggu, 29 Mei 2016.

"Kegiatan gotong royong ini dilakulan oleh anggota Forjid, sebagai bentuk kepedulian rekan-rekan wartawan untuk melestarikan cagar budaya yang ada di Dharmasraya, salah satunya Candi Padang Roco," kata Ketua Forjid Dharmasraya, Hendri Pratama, SH.  

Menurut Hendri Pratama, dengan adanya kegiatan seperti ini dapat meningkatkan pariwisata Dharmasraya, apalagi Candi Padang roco adalah situs yang telah di jaga dan dikembangkan pemerintah pusat. "Kita ingin mengetuk hati pemerintah daerah dan pihak-pihak terkait untuk mengembangkan pariwisata budaya yang ada di Dharmasraya yang memang cukup banyak ada di Dharmasraya," ujarnya.

Selain itu, dia juga meminta kepada pemerintah daerah agar memperbaiki kalau bisa diaspal akses jalan menuju candi padang roco. "Saya yakin dengan ada akses jalan yang bagus menuju kesana, candi Padang Roco akan lebih ramai dikunjungi wisatawan," sebutnya.

Salah seorang tokoh muda kenagarian Siguntur yang juga putra daerah sungai Lansek, Martin Efendi, S.Hut. MM mengapresiasi kegiatan yang dilakukan anggota Forjid yang telah peduli dengan Candi Padang Roco.

"Kita berharap kegiatan seperti ini sebagai motifasi kepada pemerintah daerah dan instansi terkait yang harusnya sudah mulai memperhatikan objek wisata budaya yang ada di Dharmasraya salah satunya candi Padang roco," sebutnya.

Dikatakannya, sebenarnya minat wisatawan sudah sangat besar untuk mengunjungi candi Padang roco, namun hal ini sering terkendala karena akses jalab yang belum maksimal. "Kita minta jalab menuju candi padang roco ini segera di aspal," tegasnya. (hendri)

google+

linkedin