Ilyas Madi

BIJAK ONLINE (SOLOK)-Kritikan tajam kepada para SKPD dan Kepala Kantor yang  ada di Kabupaten Solok, kembali dialamatkan oleh masyarakat dan LSM serta Ormas terhadap kinerja mereka, yang kurang mendukung program Bupati Solok dan hanya mendukung pribadi Gusmal.

"Saat ini hampir 80 persen para Kepala SKPD yang ada di Kabupaten Solok, termasuk Kepala Kantor, Kabag, Kasi dan pejabat eselon II lainnya, tidak mendukung program Empat Pilar Program Bupati Solok dan hanya mendukung dan memfasilitasi pribadi Gusmal kemanapun dan acara apapun," kata Ketua Aliansi Pendorong Pakta Integritas (APPI) Kabupaten Solok, Ilyas Madi, 

Menurut Ilyas Madi, dirinya berani mengatakan demikian, karena kebanyakan dari SKPD mencari momentum untuk menjilat agar terpakai pada kabinet Gusmal yang akan dibentuk pada bulan Agustus mendatang. Saat ini, kalau ada acara Bupati atau Wakil Bupati, para Kepala SKPD berbondong-bondong hadir, meski acara tersebut tidak ada hubungannya dengan SKPD bersangkutan,” kata Ilyas Madi, yang juga seorang praktisi hukum tersebut. 

Kemudian, kata Ilyas Madi, bupati dan Wakil Bupati Solok, harus jeli terhadap orang yang haus akan kekuasaan dan hanya pandai menjilat. “Saya tau bahwa Bupati Gusmal itu sangat cerdas dan tidak akan mungkin gegabah dalam mengambil keputusan, namun karena rentang waktu yang panjang dan banyak moment, saya pesimis kalau bupati akan luntus oleh perangkap mereka,” terang Ilyas Madi.

Hal yang sama juga disampaikan Sekretaris Forum Walinagari (Forwana) Kabupaten Solok, Arnold Piliang, bahwa saat ini dirinya melihat banyak SKPD yang mencoba berlindung dan mencari muka agar bisa aman pada perombakan kabinet Gusmal-Yulfadri yang akan dibentuk Agustus mendatang. 

“Para kapalo SKPD sibuk maurus keperluan Gusmal bukan mendukung program kerja Bupati. Artinyo kama Gusmal ingin pai, akan mereka fasilitasi, sabek pitih di SKPD masih banyak dan berharap mereka dapat jatah jabatan, meski lebih dari 75 persen dari SKPD yang ada tidak mendukung Bupati Solok,” ujar Arnold Piliang, blak-blakan (wandy)

google+

linkedin