BIJAK ONLINE (PADANG)-Pemerintah Kota Padang melalui Bappeda menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang diikuti seluruh pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan pemerintah kota setempat. Kegiatan yang dilangsungkan di salah satu hotel di Padang itu, secara resmi dibuka Walikota Padang, H. Mahyeldi Dt Marajo, Minggu (22/5).

Walikota Padang dalam kesempatan itu mengatakan, ia menyambut baik diadakannya Bimtek SAKIP, yang merupakan perwujudan dalam rangka perbaikan dan peningkatan kualitas bagi SAKIP Kota Padang secara keseluruhan. Baik mulai dari perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, hingga evaluasi kinerja dan capaian kinerja pada masing-masing SKPD.

“Untuk itu, melalui Bimtek SAKIP diharapkan SKPD bisa mengindentifikasi kelemahan-kelemahan pada dokumen kerja yang telah disusun pada sebelumnya. Sehingga dengan itu, diharapkan ke depan bisa menunjukkan kinerja yang lebih baik melalui kegiatan-kegiatan yang memberikan hasil nyata dan manfaat (outcome) bagi masyarakat," ujar Wako.

Wako menekankan, kepada SKPD wajib meningkatkan kualitas SAKIP, selaku digunakan untuk mengukur sejauh mana kemampuan pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memperbaiki tata kelola pemerintahan dan penerapan sistem pertanggung jawaban kinerja yang secara tepat, jelas dan terukur.

“Berdasarkan Laporan Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (LAKIP) pada 2015, Pemko Padang mendapatkan nilai CC. Ini menunjukan akuntabilitas kinerja telah berjalan cukup baik, namun masih memerlukan perbaikan mendasar terhadap dokumen kinerja ke depan,” imbuhnya.

Lebih lanjut Mahyeldi menekankan, ia berharap melalui Bimtek tersebut memberikan perbaikan dan peningkatan hasil kerja yang lebih nyata bagi setiap SKPD ke depan. Sehingga dengan itu, bisa menggambarkan keberhasilan dari berbagai program dan kegiatan yang dilakukan dalam menunjang pencapaian visi dan misi yang ditetapkan.

“Semoga ilmu yang didapat para peserta Bimtek kali ini, dapat diterapkan pada dokumen kerja masing-masing SKPD ke depan. Sehingga mendorong terciptanya tata kelola pemerintahan yang baik, berdaya guna dan bertanggung jawab demi pencapaian program prioritas pembangunan yang terukur. Semua ini tentunya, demi mengatasi persoalan yang ada di tengah masyarakat,” tukas Wako sembari membuka Bimtek tersebut.

Sementara itu, Panitia Pelaksana Bimtek SAKIP tahun 2016 disampaikan Sekretaris Bappeda, Alfian Azhar menyebutkan, kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari dari Minggu hingga Senin (22-23/5). Tujuannya antara lain, guna memberikan pemahaman mengenai proses dan cara penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (LAKIP) bagi seluruh pimpinan SKPD dan pejabat struktural di lingkungan Pemko Padang. Kemudian selain itu, juga dalam rangka menyelaraskan indikator kinerja pada dokumen perencanaan, sehingga terwujudnya LAKIP yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan yang menggambarkan kualitas dan kuantitas kinerja suatu organisasi.

“Untuk meningkatkan nilai LAKIP tersebut, maka kali ini diselenggarakan Bimtek SAKIP diikuti seluruh SKPD yang kemudian ditindaklanjuti dengan 13 SKPD selaku pilot project penyempurnaan LAKIP mulai dari penyusunan RPJMD dan Renstra SKPD. Adapun sebagai nara sumber yakni, mendatangkan Ronald Andrea Annas, selaku Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan, Pemantauan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB),” sebut Alfian mengakhiri. (David/ Bst/ Fsl)

google+

linkedin