SEBUTAN Pasar Raya Padang, kumuah, sembrawut, becek dan basilemakpekan, kini sudah ditata dan dibersihkan, semenjak Kota Padang dipimpin duet Mahyeldi-Emzalmi (Mahem). Bahkan, Jalan Sandang Pangan yang terletak di kawasan Pasar Raya Padang,tepatnya di samping Balai Kota lama, yang amburadul, kinilah mulai tacelak alias kian rancak.

Tampaknya, keseriusan Pemko Padang dalam membenahi Pasar Raya tidak perlu di ragukan lagi. Soalnya, setelah beberapa waktu lalu berhasil membenahi Jalan Pasar Raya serta menata PKL yang biasanya memenuhi badan jalan, sekarang pihak Dinas Pasar kian serius membenahi Jalan Sandang Pangan. Yang hebatnya, Kadis Pasar, Hendrizal yang  berkoordinasi dengan pihak DKP, Satpol PP, SK4, TNI, Polri serta banyak pihak yang terlibat bahu membahu membenahi kawasan tersebut, telah berhasil menata dan membersihkan dan menghilangkan image negatif tentang Pasar Raya Padang.

Seperti kita ketahui bersama jalan Sandang Pangan yang terletak persis disamping Bangunan Balai kota lama dan menjadi penghubung antara jalan Imam bonjol dan Jalan Pasar Baru, selama ini, memang telah  dijadikan tempat penampungan sementara pedagang yang menjadi korban gempa tahun 2009 lalu. Bahkan, di lokasi inilah pedagang menggelar barang dagangan nya, setelah tempat berjualan mereka porak poranda di hoyak gempa beberapa tahun lalu. Tak ayal lagi kawasan ini berubah menjadi kawasan "kumuh" yang kurang tertata. Tumpukan sampah menjadi pemandangan yang biasa bahkan menimbulkan kesembrawutan.

Rasanya tak pula terlalu berlebihan, jika keseriusan Pemko Padang untuk menata ulang kawasan jalan Sandang Pangan ini patut di apresiasi. Kenapa? Karena Jalan Sandang pangan termasuk salah satu lokasi yang sangat strategis,  tetapi sangat memprihatinkan kondisinya, terlebih ketika turun hujan, maka lokasi ini biasanya digenangi air setinggi paha orang dewasa. Belum lagi sampah dan lumpur yang menimbulkan bau yang kurang sedap. Petugas kebersihan mengalami kesulitan membersihkan sampah di lokasi ini karena jalan masuk yang terlalu sempit,di tambah kesadaran pedagang di lokasi ini yang masih minim tentang permasalahan sampah.Drainase yang tidak lagi berfungsi menyebabkan kawasan ini selalu menjadi langanan banjir.
Namun sekarang kawasan tersebut telah mulai di bersihkan dan fakta ini terlihat dilapangan petugas gabungan bekerja sama membersihkan kawasan ini. Bahkan, alat berat juga di kerahkan untuk mengais sampah yang sudah bertahun-tahun tidak di bersihkan.

Pembenahan Jalan Sandang Pangan ini di pimpin langsung oleh Kepala Dinas Pasar Kota Padang H. Endrizal. Ini termasuk prestasi yang luar biasa dari kepala Dinas Pasar Kota Padang yang belum genap satu tahun  memimpin SKPD ini.

Dinas Pasar termasuk SKPD yang paling banyak menjadi sorotan masyarakat. Kenapa? Karena dinas ini mempunyai permasalahan yang sangat komplik. Tapi, berkat kepiawaian serta tangan dingin Kadis Pasar ini di harapkan mampu menjadikan Pasar Raya sebagai tempat yg nyaman di kunjungi. Serta Pasar yang mempunyai daya tarik tersendiri bagi setiap pengunjung, yang sekaligus menjawab keraguan banyak pihak tentang kemampuan H. Endrizal di awal pelantikannya.

Keberhasilan demi keberhasilan yang di raih Pemko Padang dalam menata Pasar Raya ini tidak terlepas dari kerjasama serta komunikasi yang baik dari semua pihak, termasuk pelaku pasar itu sendiri. Pendekatan persuasif dan rasa kekeluargaan  yang selalu di ke depankan oleh dinas pasar telah mampu mengubah wajah Pasar Raya Padang menjadi lebih baik.
Menurut informasi yang berkembang di lapangan, setelah Jalan Sandang Pangan ini di bersihkan dan disterilkan dari pedagang kaki lima, maka selanjutnya akan di lakukan pengaspalan. Tujuannya, agar dapat dilalui oleh angkutan umum dan kendaraan pribadi. Targetnya, agar pengunjung bisa lebih mudah menuju kawasan Pasar Raya khusus pasar inpres.

Sasaran berikutnya, agar Pasar Raya mampu meningkatkan kunjungan pembeli ke kawasan tersebut. Selanjutnya akan berdampak kepada peningkatan perekonomian pedagang di kawasan ini.

Kerja berat ini, sangat diperlu dukungan dari semua pihak, agar harapan ini bisa tercapai. Pedagang yang biasanya menempati Jalan Sandang Pangan dipindahkan ketempat penampungan sementara yang telah di sediakan oleh Dinas Pasar, seperti yang terlihat di belakang Balai Kota lama.
Setelah pembenahan Jalan Sandang Pangan ini selesai di harapkan Dinas pasar terus melakukan terobosan serta inovasi dalam menata kawasan Pasar Raya.Masih banyak pekerjaan Rumah yang harus di selesaikan oleh Dinas pasar.Butuh keseriusan serta komitmen yang kuat dari Kepala Dinas pasar untuk menata pasar ini, sehingga pasar yang teratur aman dan nyaman benar benar terwujud. (Hendry patopang, pemerhati sosial Masyarakat)

google+

linkedin