BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)—Kepala Satuan (Kasat) Polisi Pamong Praja (Pol PP) Kota Pariaman,  Handrizal Fitri, S. STP, mengatakan,  pelatihan diksar sebagai bentuk peningkatan disiplin dan keterampilan dasar bagi para anggota Satlinmas dalam menjalankan tugas.

Hal itu disampaikan Handrizal Fitri, Selasa (10/5/2016, lalu, pada pembukaan pelatihan dasar,   Satlinmas yang berasal dari 71 desa/kelurahan di Kota Pariaman. 

Dikatakan, sesuai UU No. 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, menegaskan bahwa Satlinmas adalah aparatur pemerintah daerah yang bertugas membantu kepala daerah dalam rangka mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Sebagai prasyarat terselenggaranya roda pemerintahan sehingga masyarakat dapat melakukan aktivitasnya dengan aman dan nyaman," kata dia.

Handrizal Fitri menuturkan, dalam melakukan tugasnya di lapangan, anggota Satlinmas harus terus dan berkesinambungan melakukan koordinasi dengan perangkat desa dan kelurahan. Kemudian hasil koordinasi diteruskan ke pihak kepolisian dan TNI di tingkat desa.

Selain mewujudkan suatu kondisi derah yang tertib, tentram dan teratur sesuai pasal 19 Permendagri No. 84 tahun 2014, Satlinmas juga memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan dan pelatihan.

“Untuk itu pada kesempatan ini sebagai orang yang di tunjuk mewakili desa/kelurahan, kepada seluruh anggota Satlinmas ikutilah diksar dengan sunguh-sungguh sehingga apa yang menjadi tujuan dan sasaran pelatihan tercapai dengan baik,” tegasnya.
Adapun anggota satuan perlindungan masyarakat (Satlinmas) ikuti pendidikan dasar (Diksar)sebanyak 142 orang yang berlokasi di komplek Balaikota Pariaman. (amir)

google+

linkedin