BIJAK ONLINE (Padang)-Gubernur Sumatera Barat, Prof DR H Irwan Prayitno Psi Msc menyebutkan, kegiatan pendistribusian zakat secara kolektif tahap II ini dilaksanakan di Masjid Nurul Iman Padang, Senen, 23 Mei 2016. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Baznas Sumatera Barat dan para penerima zakat.

"Alhamdulillah, penerima jumlah penerima zakat secara kolektif tahap II ini berjumlah 182 orang, dengan jumlah dana 336 juta," kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. 

Menurut gubernur, program pendistribusian zakat, untuk Sumbar Makmur dan Sumbar Peduli, antara lain; A. Zakat pemberdayaan dalam program Sumbar Makmur terhadap mustahik yang punya usaha 176 orang, terdiri dari, (a) mustahik yang menerima barang uang untuk pengembangan usaha 166 orang, (b) mustahik yang menerima barang 10 orang yaitu berupa 2 buah sampan, 3 buah becak, mesin longtalik 3 unit, dan 2 mesin jahit." B. Zakat konsumtif dalam program Sumbar Peduli terhadap 6 orang fakir," jelasnya.

Kemudian, kata gubernur, Sumber dana zakat yang didistribusikan terdiri dari 90 persen dana Baznas yang berasal dari PNS SKPD/ Kanwil/di Sumatera Barat, dan 10 persen dari perorangan dari berbagai profesi yang berzakat pada Baznas Sumatera Barat.

"Saya berpesan kepada para penerima zakat untuk dapat menggunakan zakat ini sebaik mungkin dan semoga berkah dan bermafaat. Sehingga kedepannya penerima zakat sudah bisa menjadi pemberi zakat, sehingga manfaat dan penerima zakat bisa bergantian dan dapat ditingkatkan nilai manfaatnya," kata kader PKS ini. (****)

google+

linkedin