BIJAK ONLINE (Padang)--Pimpinan Wilayah Gerakan Pemudan Ansor siap bersinergi dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Sumatera Barat untuk pencegahan semakin meluasnya penyebaran penyalahgunaan narkoba di kalangan generasi muda Sumatera Barat. Sebagai bagian dari generasi muda Sumatera Barat, Ansor akan turut berperan aktif dalam upaya mencegah makin banyaknya korban dari narkoba.

Hal itu diungkapkan Ketua PW GP Ansor Sumatera Barat Rahmat Tuanku Sulaiman, Kamis (18/8/2016) di sekretariatnya  di jalan Ciliwung No. 10 Padang. Menurut Rahmat, secara lebih rinci, Ansor Sumbar sudah berudiensi dengan Kepala Ali Azhar BNN Sumatera Barat dan Kabag Rehabiltas dan Pemberdayaan Masyarakat S. Boy pada Selasa (16/8/2016) di jalan Belanti Ujung, Padang.  

Dikatakan Rahmat, kondisi penyebaran penyalahgunaan narkoba di Sumatera Barat sungguh memprihatinkan. Sebagaimana diungkapkan Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit pada malam Doa dan Zikir untuk Bangsa yang digelar PW Ansor Sumbar sehari sebelumnya, bahwa Sumatera  Barat sudah darurat narkoba. Jika tidak ada gerakan bersama pemerintah dengan masyarakat, maka kehancuran generasi muda sudah diambang pintu. 

“Jika generasi muda sudah hancur, siapa lagi yang akan melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan bangsa. Untuk itu, Ansor sebagai bagian dari masa depan  bangsa Indonesia harus turut berperan. Ansor akan melakukan pendekatan secara humanis terhadap pecandu narkoba dan  berkonstribusi untuk melakukan pencegahan narkoba di kalangan anak muda,” kata Rahmat didampingi sekretarisnya Arianto, Wakil Ketua Nafriandi,  Satkorwil Banser  Hardi Candra  yang Ketua Badan Ansor Anti Narkoba (Baanar), dan Sekretaris Baanar Fauzan Ahmad.  

Dikatakan Rahmat, kader-kader Ansor harus bisa menjadi tenaga rehabiltasi dan penyuluh untuk pencegahan narkoba.  Mereka terlebih dahulu dibekali agar mampu menjalankan tugasnya dengan baik. 

Ketua BNN Ali Azhar menyebutkan,  bagaimana Ansor melaksanakan MoU dengan BNN dalam  upaya pencegahan dan rehabilitasi,   serta melakukan penyuluhan di tengah masyarakat. Ansor bisa melakukan peran dengan bekrjasama dengan BNN dalam bidang pencegahan dan penyuluhan relawan anti narkoba. Sedangkan rehabiltasi  dengan mendirikan rumah rehabiltasi. (a/amir)

google+

linkedin