BIJAK ONLINE (Padang)-Gubernur Sumatera Barat, Prof Dr H Irwan Prayitno PSi MSc mengucapkan selamat kepada Universitas Andalas Padang yang berada diurutan ke-11 dari perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Bahkan, Universitas Andalas naik dua peringkat dari sebelumnya dengan skor 2,88. 

"Saya mengucapkan selamat kepada seluruh stake holder Universitas Andalas, atas pencapaiannya peringkat 11 universitas terbaik se-Indonesiadari ribuan universitas negeri dan swasta," kata Gubernur Sumbar melalui WhatsApp.

Pada tanggal 17 Agustus 2016, Menteri Riset Tehnologi dan Pendidikan Tinggi mengumumkan peringkat perguruan tinggi dan swasta terbaik berdasarkan indikator kualitas SDM, kualitas manajemen, kualitas kegiatan mahasiswa, serta kualitas penelitian & publikasi. Secara penilaian keseluruhan, alhamdulillah Universitas Andalas mendapat peringkat 11 Nasional. Sedangkan dari kategori kualitas SDM, mendapat peringkat 9 Nasional. Sedangkan untuk Pulau Sumatera, penilaian ini menempatkan Universitas Andalas, terbaik nomer 1 untuk semua kategori.

"Ini adalah pencapaian luar biasa, dan menjadi kado yang indah bagi semua masyarakat Sumatera Barat juga dalam peringatan HUT RI Ke-71. Selamat dan semoga semua stake holder baik jajaran dosen dan guru besar, mahasiswa, insan peneliti dan staf terus termotivasi untuk meningkatkan standar dan pencapaian yang sudah ada," kata gubernur. 

 Sementara Menristek Dikti M Nasir memaparkan peringkat perguruan tinggi di Indonesia. 12 Besar ditempati oleh perguruan tinggi negeri (PTN). 
"Di sini saya tidak lama menyampaikan hal ini, saya ingin memaparkan peringkat-peringkat perguruan tinggi di tahun 2016 dan dibandingkan dengan tahun 2015. Tidak banyak peringkat yang berubah, beberapa universitas paling hanya naik dan turun 1 peringkat, tetapi yang membedakan adalah skornya," ujar Menristek Dikti M Nasir, dalam jumpa pers di kantornya, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu, 17 Agustus 2016.  

Peringkat perguruan tinggi 2016 ini, kata M Nasir, tak banyak berubah dibanding peringkat tahun lalu berdasarkan indikator:Dosen (12%), Kualitas dosen (18%), Akreditasi (30%), Kualitas kegiatan kemahasiswaan (10%), Kualitas kegiatan penelitian (30%)

Berikut 12 besar peringkat perguruan tinggi di Indonesia, dan posisinya dibanding tahun lalu:
1. ITB skor 3,78 (stabil)
2. UGM skor 3,72 (stabil)
3. UI skor 3,69 (naik 1 peringkat)
4. IPB skor 3,54 (turun 1 peringkat)
5. Universitas Brawijaya skor 3,24 (naik 1 peringkat)
6. ITS skor 3,17 (turun 1 peringkat)
7. Universitas Airlangga skor 3,15 (naik 1 peringkat)
8. Universitas Hasanuddin skor 3,06 (naik 3 peringkat)
9. Universitas Diponegoro skor 3,04 (naik 1 peringkat)
10. Universitas Padjadjaran skor 2,97 (turun 3 peringkat)
11. Universitas Andalas skor 2,88 (naik 2 peringkat)
12. Universitas Sebelas Maret skor 2,87 (turun 3 peringkat) 
(PRB)

google+

linkedin