Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin, SH, saat memimpin dialog dengan masyarakat Nagari Sungai Nanam dan masyarakat nagari Simpang Tanjunag Nan IV, terkait status lahan objek wisata Bukit Cambai, bertempat di kantor camat Danau Kembar, Kamis, 18 Agustus 2016.

BIJAK ONLINE (SOLOK)-Objek wisata alam Panorama Bukit Cambai, yang terletak di perbatasan Nagari Sungai Nanam Kecamatan Lembah Gumanti dengan Nagari Simpang Tanjunag Nan IV dan juga Nagari Kampuang Batu Dalam di Kecamatan Danau Kembar Kabupaten Solok, saat ini lahannya menjadi sangketa oleh masyarakat di dua nagari dan dua kecamatan. Objek wisata Bukit Cambai lahannya dimiliki oleh beberapa orang yang juga dari dua nagari setempat dan oleh masyarakat di kedua nagari tersebut juga di klaim milik mereka.

Perselisihan masalah lahan lokasi tersebut, hari Kamis (18/8), oleh kedua kubu yang bertikai, dimusyawarahkan bertempat di aula kantor camat Danau Kembar. Hadir selain pihak yang bersengketa, juga hadir para niniek mamak, walinagari, BMN, KAN, Koramil, Polsek, camat, anggota DPRD Kabupaten Solok yang juga warga setempat, Gusrial Abbas, Kadis Pariwisata Kabupaten Solok, Alfajri dan Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin.

Dalam kesempatan tersebut, Wabub Solok, Yulfadri Nurdin meminta agar kedua kubu yang bertikai untuk dapat menyelesaikan masalah dengan kepala dingin tanpa menimbulkan kegaduhan. “Mari kita cari solusi terbaik dari masalah objek wisata yang inda indah ini. Setiap problema ada jalan keluarnya dan kita duduk bersama di sini adalah untuk mencari solusinya,” jelas Wabub Yulfadri Nurdin.

Objek wisata Bukit Cambai memang indah dan mempesona. Objek wisata ekowisata ini merupakan sehamparan perbukitan dengan panorama alam yang indah. Udara yang sejuk dan segar menjadi nilai tambah tersendiri bagi pengunjung untuk menikmati kawasan perbukitan tersebut. Dari Bukit Cambai, pengunjung akan disuguhkan pemandangan berupa perkebunan sayur-sayuran dan tanaman buah markisa milik masyarakat yang berpotensi sebagai wisata agro.

Selain itu, dari Bukit ini juga akan terlihat empat danau yang indah yang ada di Kabupaten Solok, seperti Danau Talang, Danau Diatas, Danau Dibawah dan Danau Singkarak. Sementara disekelilingnya, sejauh mata memandang akan disuguhkan oleh pemnadangan alam sekitar seperti menyaksikan hamparan perkebunan masyarakat, seperti kentang, kol, bawang, markisa dan lainnya. Sementara dari atas panorama, juga akan tampak jelas Kampuang Batu Dalam, Sungai Nanam, Alahan Panjang, Aia Dingin, Salimpat dan Nagari Simpang Tanjung Nan Ampek. 

Akses jalan menuju Bukit Cambai dari nagari Alahan Panjang kira-kira 11 km, dengan jalan aspal 6 KM sampai SDN 19 Sungai Nanam. Sisanya merupakan jalan tanah sepanjang 5 km dengan lebar 6 m yang membutuhkan perbaikan dan peningkatan kualitas jalan untuk memperlancar alur transportasi menuju puncak Bukit Cambai.

Pemerintah Kabupaten Solok menetapkan Bukit Cambai sebagai lokasi pelaksanaan program Pengelolaan dan Pengembangan Kawasan Ekowisata dengan konsep pendidikan dan komunitas (wandy)

google+

linkedin