Malam resepsi yang dihadiri Bupati Solok, H. Gusmal Dt Rajo Lelo, SE, MM, Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin, Ketua DPRD, Kasmudi serta seluruh unsur Forum Musyawarah Pimpinan Daerah serta camat dan walinagari sekabupaten Solok di Sport Hall Batu Batupang

BIJAK ONLINE (SOLOK)-Peringatan hari Kemerdekaan RI ke-71 di Kabupaten Solok berlangsung meriah. Untuk tingkat Kabupaten Solok yang dimulai dengan mendengarkan pidato kenegaraan dari presiden RI di Gedung DPRD Kabupaten Solok melalui Sidang Paripurna Istimewa. 

Kemudian dilanjutkan dengan renungan suci di TMP Kayu Aro serta peringatan detik-detik proklamasi tepat pada tanggal 17 Agustus 2016 serta ditutup dengan malam resepsi dengan membagikan hadiah untuk berbagai lomba baik tingkat isntansi atau kantor.

Acara malam resepsi yang bertabur hadiah, dihadiri oleh seluruh tokoh masyarakat Kabupaten Solok, Walinagari, para camat, Kepala SKPD dan Kantor, Ketua Pengadilan Agama Koto Baru, Kapolres Arosuka, Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin, Bupati Solok, H. Gusmal Dt Rajo Lelo, Ketua DPRD, Kasmudi, Wakil Ketua DPRD, Septrismen dan Yondri Samin, Ketua TP PKK Kab Solok, Ny Desnadefi Gusmal, Ketua GOW Kab Solok, Ny. Dahlia Yulfadri Nurdin, Kapolres Arosuka, AKBP Reh Ngenana, Kasdim 0309 Solok, Mayor Inf. Supadi, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah dan seluruh undangan serta masyarakat Kabupaten Solok yang hadir. 

Keterangan foto (2):Bupati Solok, H. Gusmal dt Rajo Lelo, SE, MM, menyepatkan Pin emas kepada camat berkompetensi terbaik pertama, camat Lembah Gumanti, Ferris Novel pada malam resepsi

Ketua panitia pelaksana, M Saleh yang juga Sekdakab Solok menyampaikan bahwa  maksud dan tujuan dari peringatan HUT RI yang ke-71 ini adalah sebagai rasa syukur kita kepada allah SWT dan para pahlawan kita yang telah berjuang merebut kemerdekaan Republik Indonesia Serta untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan kebangsaan seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Solok. “Dan tak kalah pentingnya adalah untuk mempererat tali silaturahmi antara pemerintah daerah dan seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Solok,” terang M. Saleh. 

Sementara kegiatan yang dilaksanakan dalam peringatan HUT kali ini adalah Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten  Solok, 16 Agustus 2016, berupa, Apel Kehormatan dan renungan Suci Yang Bertempat Di Makam Pahlawan Arosuka, serta upacara peringatan Detik Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke- 71.
KETERANGAN FOTO (3);Ketua TP PKK, Ny. Hajjah Desna Devi Gusmal, SH dan Ketua  GOW menerima siriah di caroano pada malam resepsi

Kemudian upacara Penurunan Bendera Merah Putih, Malam resepsi HUT  Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang bertempat di Sport Hall, Gor Batu Batupang, upacara bendera di Puncak Gunung Talang yang dipimpin oleh Wabub Solok Yulfadri Nurdin dan diikuti oleh lebih dari 6500 pendaki dari berbagai organisasi pecinta alam dari Solok dan luar Kabupaten Solok, Serta berbagai kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 71 Tahun 2016 seperti acara olahraga yang melibatkan seluruh SKPD dan Pawai Alegoris.

Sementara pada acara penyerahan tanda kehormatan tanggal 17 Agustus 2016 juga dilakukan penganugrahan Tanda Kehormatan Satyalencana Karya Satya Kepada 409 Orang PNS Di Lingkup Pemerintah Kabupaten Solok. Satya Lencana Karya Satya XXX Tahun Sebanyak 139 Orang. Satya Lencana Karya Satya XX Tahun Sebanyak 191 Orang dan Satya Lencana Karya Satya X Tahun Sebanyak 79 Orang. 

Penyerahan Hadiah Kepada Pemenang Kepala Sekolah, Guru Dan Pengawas Sekolah Serta Tutor Paket A Dan Paket B Berprestasi Dan Berdedikasi Di Kabupaten Solok. Bagi yang memperoleh tingkat I maka akan menjadi perwakilan Kabupaten Solok untuk penilaian tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2016. Penyerahan hadiah kepada koperasi berprestasi di kabupaten Solok tahun 2016 (Koperasi Konsumen,Koperasi Produsen, Dan Koperasi Fungsional). Penyerahan bantuan pendidikan dari Bank Nagari kepada Bupati Solok sebesar Rp. 85.000.000 yang selanjutnya diserahkan oleh Bupati kepada para siswa.

Ketua DPRD Kab Solok,  Kasmudi dalam sambutannya menyampaikan bahwa atas nama DPRD Kab Solok mengajak masyarakat, marilah kita bersama-sama membangun Kabupaten Solok ini guna terwujudnya masyarakat yang maju, beriman dan madani. “Kami juga mengajak pemerintah daerah dimana kita telah menetapkan PRJMD dengan 4 pilar Pembangunan. Untuk pelaksanaan pembangunan Kab Solok ini dengan adanya pedoman bagi kita yang tertuang dalam RPJMD, kami harapkan betul-betul menyentuh masyarakat, tidak hanya masyarakat perkotaan tetapi sampai ke pedesaan," katanya.

Pada kesempatan ini, kata Kasmudi, atas  nama DPRD Kab Solok juga mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada masyarakat Kab Solok yang telah berpartisipasi dalam memeriahkan HUT RI ke-71 ini.

KETERANGAN FOTO (4):Penyerahan pin kepada walinagari Talang Babungo, Zulfatriadi oleh Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin

Bupati Solok, H. Gusmal Dt Rajo Lelo dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras dalam mensukseskan seluruh rangkaian acara kita ini yang telah dimulai pada tanggal 11 Agustus sampai dengan saat ini tanggal 17 Agustus 2016. “Kemerdekaan ini bukanlah suatu hadiah, tetapi melalui suatu perjuangan yang sangat panjang dan tidak mudah, para pendahulu kita berjuang untuk meraih kemerdekaan dengan mempertaruhkan nyawa mereka.  Maka tugas kita saat ini adalah mengisi kemerdekaan itu dengan berbagai upaya dan program guna mewujudkan masyarakat adil dan makmur sesuai dengan cita-cita bangsa,” jelas H. Gusmal.

Pada kesempatan itu, juga diumumkan sekaligus penyerahan penghargaan kepada penilaian kompetensi camat, walinagari , sekretaris nagari dan lomba lainnya. Berikut adalah mereka yang berhasil meraih penghargaan tersebut: 

Untuk Kategori Camat, Juara 1 Feris Novel, Camat Lembah Gumanti, Juara 2 Sujanto Amrita, Camat Gunung Talang, Juara 3 Syaiful Anwar, Camat Pantai Cermin. Kategori Wali Nagari,  Juara 1 Zulfatriadi, Wali Nagari Talang Babungo Kec. Hiliran Gumanti, Juara 2 Laswir Malin Putiah, Wali Nagari Jawi-Jawi Kec. Gunung Talang, Juara 3 Usnidar, Wali Nagari Bukit Bais Kec. IX Koto Sungai Lasi. Sementara untuk Kategori sekretaris nagari Juara 1 Muhammad Ali, Sekretaris Nagari Surian Kec. Pantai Cermin, Juara 2 Ismail, Sekretaris Nagari Cupak Kec. Gunung Talang, Juara 3 Iskandar Khatik Sampono, Sekretaris Nagari Simanau Kec. Tigo lurah. Untuk Kategori KAN terbaik, Juara 1 Novian, Dt. Indo Marajo Ketua KAN Tanjuang Alai Kec. X Koto Singkarak, Juara 2 Zainun, Dt. Pamuncak, Ketua KAN Aia Luo Kec. Payung Sekaki, Juara 3 Yurdisal, Dt. Mangkuto Kayo, Ketua KAN Bukit Bais Kec. IX Koto Sungai Lasi.

Sementara untuk pawai Alegoris, pemenang tingkat PAUD dan SD adalah, Juara 1 SDN 05 Cupak, Juara 2 SDN 22 Koto Baru, Juara 3 TK Aisyah Cupak, Harapan I SDN 12 Koto Baru, Harapan II PAUD Annisa Koto Baru. Sementara untuk tingkat SLTP hingga Perguruan Tinggi adalah, Juara 1 MAN Koto Baru, Juara 2 SMAN 2 Sumbar, Juara3 SMPN 1 Kubung, Harapan I SMPN 3 Gunung Talang, Harapan II SMPN 6 Gunung Talang. 

Sementara Pemenang tingkat nagari dan umum adalah Juara 1 Nagari Pasar Baru Cupak Juara 2 Nagari Koto Gadang Guguak, Juara 3 Nagari Talang, Harapan I Nagari Koto Baru, Harapan II Jorong Balai Pandan Cupak. Pemenang untuk tingkat SKPD adalah, juara 1 Dinas PU Kab Solok, Juara 2 BPTP Sumbar, Juara 3 BAPPEDA Kab Solok, Harapan I RSUD Arosuka, Harapan II Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Solok.

Sementara untuk sekolah Adiwiayata tigkat Kabupaten Solok tahun 2016 adalah, MAN X Koto Singkarak, SMPN 6 Gunung Talang, SMPN 4 Lembah Gumanti, SMPN 1 Danau Kembar, SMPN 2 Lembang Jaya, SMPN 1 Payung Sekaki, SDN 2 Koto Baru, SDN 22 Koto Baru dan SDN 8 Lembah Gumanti.

Sementara untuk sekolah Adiwiyata Sumbar diraih oleh SMPN 3 Gunung Talang dan MTsN Koto Baru. Pemenang Kategori Kalpataru tingkat Provinsi Sumbar Tahun 2016 adalah Perkampungan petani organik (PPO) Santiago (Kategori Penyelamat Lingkungan). Pemenang Kalpataru Tingkat Nasional diberikan kepada Jasman, S.Ag dengan kategori pengendali lingkungan.  

Sementara untuk Kategori rumah makan terbersih diraih oleh Juara 1 RM Salero Kampuang, Juara 2 RM Heller Mama, Juara 3 RM Sawah Ujuamg. Untuk kategori Masjid terbersih diraih Juara 1 Mesjid Umi Alahan Panjang, Juara 2 Mesjid Raya Sumani, Juara 3 Mesjid Raya Baitusalam Tanjung Bingkuang. Sementara untuk lomba Cabang bulutangkis Juara 1 Dinas Kesehatan Kabupaten Solok, Juara 2 Kemenag Kabupaten Solok, Juara 3 Dinas PU Kabupaten Solok. Cabang Tenis, Juara 1 M. Saad (Pensiunan PNS Kab Solok), Juara 2 Novianri (Masyarakat Umum) dan  Juara 3 Epison (KPPN Solok) (wandy)

google+

linkedin