BIJAK ONLINE (Padang Pariaman)--Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia harus dijiwai kembali oleh masyarakat Indonesia, khususnya generasi mudanya. Karena perkembangan globalisasi semakin menipisnya nilai-nilai perjuangan bangsa yang dapat dipahami oleh masyarakat.

Ketua Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC PMII) Kabupaten Padangpariaman Nasbi Putra Sahdil menyampaikan hal itu sebagai inspektur upacara detik-detik peringatan HUT RI ke 71, Rabu (17/8/2016) di halaman SD 18 Sungai Geringging di Korong Balekok, Kampung Dadok, Nagari Kuranji Hulu, Kecamatan Sungai Geringging, Kabupaten Padangpariaman.

Menurut Nasbi, banyak generasi muda saat ini tidak mau tahu dengan nilai-nilai sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. Sehingga dengan mudah melupakan jasa-jasa para pahlawan yang sudah berjuang dengan mengorbankan pikiran, tenaga, jiwa dan hartanya. Pada hari ini, kita patut bersyukur masih diberi kesempatan memperingati HUT RI ke-71.

Dikatakan, sejak Indonesia merdeka, di Nagari Kuranji Hulu ini untuk pertama kalinya pemuda dan pemudi yang melakukan upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI. Tidak mengherankan jika generasi muda yang terdiri dari pelajar, pemuda dan pemudi antusias mengikutinya. Bahkan bapak-bapak dan ibu-ibu pun penuh semangat mengikuti upacara yang dihadiri sekitar 100 orang dari masyarakat setempat.

“Pagi-pagi kami lihat masyarakat sudah  bersiap-siap datang ke lapangan untuk mengikuti upacara yang dimulai pukul 08.15 WIB. Semua personal upacara HUT kemerdekaan ini adalah dari generasi muda di Korong Balekok Kampung Dadok,” tambah Nasbi yang juga putra Korong setempat.
Usai upacara benderan, dilanjutkan dengan panjat pohon batang pinang yan gdimotori pemuda dan pemudi. Sehingga peringatan HUT kemerdekaan ke-71 semakin meriah. (amir)

google+

linkedin