Ketua TP PKK Kabupaten Solok, Ny. Hajjah Desna Devi Gusmal, SE, berfoto bersama dengan rombongan Kabupaten Solok, usai meraih juara umum pada Jambore Kader PKK Terpadu Berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat yang digelar di kota Arang Sawahlunto

BIJAK ONLINE (SOLOK)-Jambore Kader PKK Terpadu Berprestasi  tingkat Provinsi Sumatera Barat yang digelar di kota Arang Sawahlunto tanggal 3-6 Agustus lalu, Kabupaten Solok berhasil menjadi juara umum.

Jambore Kader PKK Terpadu Berprestasi  tingkat Provinsi Sumatera Barat, digelar di Camping Ground, Kandih, kota Sawahlunto. Kabupaten Solok berhasil meraih juara umum setelah memenangkan lomba membuat leaflet, juara pertama lomba penyuluhan pokja 3 dengan tema rumah sehat, juara 2 lomba debat program KB, juara 2 TTG serta juara 2 P3MD. 

Ketua TP PKK Kabupaten Solok, Ny. Hajjah Desna Desvi Gusmal, SH menyebutkan bahwa prestasi yang diraih oleh Kader PKK Terpadu Berprestasi Kabupaten Solok, adalah berkat kerjasama tim dan kader. Dijelaskan Desna Devi Gusmal, bahwa pelaksanaan 10 program pokok PKK, sejatinya telah menyentuh sendi-sendi kehidupan masyarakat. Terutama dalam pembentukan dan pendidikan generasi, keluarga merupakan madrasah awal dalam membentuk karakter manusia. “Kaum ibu-ibu yang tergabung dalam PKK, jelas lebih telaten membentuk keluarga sehat ketimbang kaum bapak,” tutur Ny. Hajjah Desna Devi Gusmal.

Sementara Bupati Solok, H. Gusmal Dt Rajo Lelo, SE mengaku bangga dengan prestasi yang diraih kader PKK terpadu Kabupaten Solok yang telah bekerja sungguh-sungguh sehingga bisa menorehkan prestasi di tingkat Sumbar.  Dijelaskannya, prestasi ini tentu tidak lepas dari binaan para Ketua Tim Penggerak PKK, Kepala SKPD dan Camat se-Kab Solok, serta seluruh jajaran tim penggerak PKK Kecamatan se-Kab Solok, TP PKK Nagari. “Kepada seluruh jajaran tim penggerak PKK untuk selalu memberikan bimbingan dan pembinaan kepada seluruh kader PKK, karena mereka lah yang langsung berhubungan dengan masyarakat,” terang H. Gusmal. 

Dijelaskan Bupati, peran Dasawisma yang ada di jorong-jorong dalam nagari, kader-kader yang masuk dalam Dasawisma ini berperan aktif dalam membantu meningkatkan derajat pendidikan, wawasan dan kesehatan masyarakat di daerahnya masing-masing. “Kita harus mengembangkan Dasawisma ini, karena sejalan dengan pilar pembangunan kesehatan. Bahkan kita akan sejalankan kader Dasawisma ini untuk menjadi relawan kesehatan di nagari,” ungkap Gusmal.  
       
Ketua TP PKK Provinsi Sumbar, Ny. Hajjah Nevi Irwan Prayitno menyebutkan bahwa, pelaksanaan jambore kali ini merupakan salah satu pelaksanaan terbaik mulai dari pelaksanaan kegiatan, fasilitas dan sarana prasarana lainnya. “Kami menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak penyelenggara dan Ketua TP PKK Sawahlunto, serta Walikota Sawahlunto, Bapak Ali Yusuf yang sudah meneyelenggarakan acara ini dengan sebaik mungkin,” tutur Hajjah Nevi Irwan Prayitno (wandy)

google+

linkedin