BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)--- Pelaksanaan Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke 71 di Balaikota Pariaman, Rabu (17/8/2016) berlangsung khidmat.

Bertindak selaku inspektur upacara Walikota Pariaman, Drs.H. Mukhlis Rahman, MM, pembaca Teks Proklamasi Ketua DPRD Kota Pariaman, Drs. Mardison Mahyudin, MM dan pembaca Doa Kepala Kemenag Kota Pariaman, Drs. H. Helmi, MA.

Sedangkan sebagai Perwira Upacara Kapten Inf. Alimuntir (Pasi Pers Dim 0308 Pariaman), Komandan Upacara Kapten Inf. Supriono (Danramil 06 Kampung Dalam), dan Komandan Pasukan Paskibra Letda Inf. Syahrumsyah (Dan unit Intel Dim 0308 Pariaman).

Sebagai Paskibra Pengibaran Bendera Merah Putih, siswa  SMA/SMK/MA terbaik yang diseleksi sejak bulan juni lalu, sebanyak 35 orang. Mereka bertugas untuk mengibarkan dan menurunkan bendera pada pelaksanaan upacara 17 agustus di tahun 2016 ini.

Pengibar bendera Itiroof Alhadis (SMAN 1 Pariaman), M. Alqadar Romando (SMAN 1 Pariaman), dan Fadil Muhammad (SMAN 3 Pariaman), sedangkan pembawa baki Nuke Leisya Ananta (SMAN 1 Pariaman).

Upacara berjalan dengan baik dan  lancar serta khidmat. Walikota Pariaman Mukhlis Rahman mengingatkan kepada masyarakat yang hadir untuk terus menanamkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air, salah satunya dengan pelaksanaan upacara bendera di hari ini.

“Dengan mengingat kembali jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang demi tegaknya ibu pertiwi dari penjajahan, dan melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai warga Negara yang baik, kita dapat mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang positif dan berguna, demi kebangkitan bangsa dan negara serta tegaknya NKRI di bumi Indonesia”, ungkapnya.

Diharapkan semangat kemerdekaan RI yang ke 71 yang kita peringati hari ini, dapat membangkitkan kesadaran nasional dan membangun sikap nasionalisme, optimistis sebagai warga Negara yang mempunyai cita-cita luhur mewujudkan Indonesia yang berdaulat, berdikari, dan berkepribadian, tukas Mukhlis R.

Tema peringatan HUT RI ke 71 yang dicanagkan oleh Pemerintah adalah dengan semangat proklamasi 17 agustus 1945, kita dukung suksesi kepemimpinan nasional  demi kelanjutan pembangunan menuju indonesia yang makin maju dan sejahtera, atau yang lebih gamblangnya “Indonesia Kerja Nyata”.

Upacara 17 Agustus yang diperingati setiap tahunnya ini diikuti oleh personil upacara yang terdiri dari personil TNI, Polri, Pemadam kebakaran, Pol PP dan ASN di Pemko pariaman serta utusan pelajar dan mahasiswa. (J/amir)

google+

linkedin