BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)—Wali Kota Pariaman, Drs. H. Mukhlis Rahman, MM mengatakan, mulai dari sekarang tanamkan dalam diri kita  saling ingat mengingatkan sesama anggota rombongan  dan tanamkan dari sekarang untuk dapat menolong orang lain dalam penyelenggaraan haji.

“Insya Allah dengan itu, muda-mudahan kita dapat menjadi Haji yang Mabrur, pada sisi Allah,," kata Wako Pariaman, Mukhlis Rahman,  pada pelepasan rombongan Jamaah Calon Haji (JCH) Kota Pariaman tahun 2016 di Balairung rumah dinas walikota, Sabtu (20/8/2016).

JCH yang berangkat tahun ini berjumlah 110 orang, termasuk Walikota Pariaman Mukhlis Rahman, bersama isteri Ny. Reni dan putrinya Rosa Estetika yang merupakan jamaah termuda, yakni 29 tahun. 

Lebih jauh Mukhlis Rahman mengatakan untuk menyelenggarakan haji itu sangat berat, diperlukan perjuangan dan fisik yang prima selama berada di mekah al mukaromah. Belum rangkaian kegiatan haji yang harus diikuti, sehingga kesehatan dan kebugaran tubuh sangat penting untuk dijaga selama disana, ucapnya.

Dikatakan Mukhlis, hindari kegiatan-kegiatan yang tidak penting dan kurang bermanfaat seperti berbelanja dan lain sebagainya, dahulukan yang wajib terlebih dahulu, agar makna haji yang kita laksanakan betul-betul terwujud.
Jaga juga pola makan selama penyelenggaraan haji, jangan sampai karena makanan yang disuguhkan tidak berselera, tidak mau makan, sedangkan kita perlu stamina untuk menjaga agar tubuh tidak lelah dan jatuh sakit, juga perbanyak minum air putih untuk menghindari dehidrasi, karena saat ini suhu di mekah mencapai 50 derajat celcius, ungkap Mukhlis.

Plt. Kepala Kemenag Kota Pariaman  Helmi mengatakan Jamaah Calon Haji Kota Pariaman berjumlah sebanyak 110 orang, terdiri dari 37 laki-laki dan 73 wanita. Sedangkan untuk JCH termuda berumur 29 tahun atas nama Rosa Estetika (putri sulung walikota pariaman) dan JCH tertua berumur 81 tahun atas nama Amir Husein, ucapnya.

“JCH Kota Pariaman ini akan tergabung dengan kloter 10 gelombang 2, bersama dengan Kabupaten Padang Pariaman, Kota Padang dan Kabupaten Agam, yang akan berangkat ke jedah pada tanggal 23 agustus mendatang dari embarkasi haji Padang,” tuturnya. (amir)

google+

linkedin