BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)-- Terhitung sejak 2014 hingga 2015,  sudah tercatat  sembilan tenaga kerja asal Kota Pariaman yang lolos dan dikirim ke berbagai perusahaan di Jepang.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan  Sosial (Sosnaker) Kota Pariaman, Drs. Afnil melalui Kepala Bidang Tenaga Kerja,  Anilta di Pariaman, Selasa (19/1/2016), mengatakan, Pemko Pariaman, selalu berusaha mencari peluang untuk pencar kerja perusahaan yang bisa menampung.

Dikatakan, pada tahun 2016 ini, sudah dipastikan akan berangkat lagi, lima orang pencari kerja asal Kota Pariaman, ke Jepang. Sebelum berangkat mereka akan menjalani masa pembekalan dahulu sebelum diberangkatkan ke Jepang. 

Lebih jauh disampaikan ke lima pencari kerja (pencaker) tersebut dijadwalkan menjalani pembekalan dan pelatihan di bulan Februari 2016 di Bekasi selama dua bulan.

"Setelah menjalani masa pelatihan ini mereka baru diberangkatkan ke Jepang sekitar April 2016," ucap dia.

Nantinya para pencaker akan diikat kontrak selama dua tahun oleh berbagai perusahaan asing di Jepang dan diperpanjang selama satu tahun bagi yang memenuhi persyaratan.

"Untuk tahap awal dikontrak dulu dua tahun. Jika perusahaan masih membutuhkan kontrak bisa diperpanjang minimal satu tahun," jelasnya.

Sebelumnya Pemko Pariaman mengirim sembilan calon tenaga kerja ke tingkat provinsi untuk menjalani pra latihan magang ke Jepang.

Namun dari sembilan orang tersebut empat orang dinyatakan gagal, karena dinilai tidak memenuhi persyaratan seperti kurangnya nilai akademik matematika dan tes kesehatan lanjutan.

Pemerintah sendiri berencana kembali membuka kesempatan magang dan bekerja ke Jepang pada 2016. Untuk tahap awal akan dibuka penerimaan sebanyak 10 pelamar.

"Kita melihat setiap tahunnya animo masyarakat untuk mencari kerja dan bekerja di Jepang cukup tinggi, namun karena kuota yang terbatas pengiriman tenaga kerja pun dibatasi," ujarnya.

Proses penerimaan sudah mulai dilakukan terhitung awal Januari 2016, namun untuk tahap awal baru dibutuhkan 10 calon pelamar saja. (amir)

google+

linkedin